Pisang dan Anggur dalam sajian Meja Sembahyang di Malam Imlek

BANDUNG.SJN COM.-Oleh Jeremy Huang Wijaya

Di Meja sembahyang umumnya terdapat 3 macam buah yang selalu di sajikan yaitu Jeruk, Pisang dan Anggur. Dalam acara apapun umumnya buah Jeruk Pisang dan Anggur akan selalu ada di meja sembahyang. Dalam acara lamaran Warga Tionghoa biasanya selalu ada jeruk, anggur dan pisang dan apel di tempatkan dàlam keranjang yang di bawa.
A. Anggur dalam bahasa Mandarin tertulis 葡萄酒
Pútáojiǔ
Anggur ungu melambangkan rasa hormat dan elegan. Sementara anggur hijau melambangkan panjang umur dan kemakmuran.
Buah anggur memiliki makna simbolis sebagai keberuntungan baik, harta melimpah dan kemakmuran. Anggur juga dapat melambangkan kesuburan atau kelimpahan di tahun Baru
Anggur merupakan tanaman buah berupa perrdu yang merambat. Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
B. Pisang
Pisang dalam Bahasa Mandarin tertulis 香蕉
Xiāngjiāo
Pisang dalam bahasa mandarin Xiang..Kata xiang yang berarti harum melambangkan pengharapan keharuman keluarga, seluruh anggota keluarga membawa kemuliaan dan tidak memalukan perbuatannya dalam masyarakat.
Xiangjiao 香 蕉 pisang, diidentikan dengan lafalbunyi Xiangjiu 香 久 artinya Langgeng. Dalam persembahyangan, yang lazim digunakan adalah jenis pisang raja atau pisang mas. Penyajiaan pisang di meja altar biasanya diletakan di sebelah kiri altar. Pisang dalam bahasa mandarin juga bisa diartikan memanggil
C. Jeruk
Jeruk dalam bahasa Mandarin bunyinya
terdengar seperti kata ‘emas’ (lambang kekayaan), sedangkan jeruk tangerine dalam bahasa Mandarin juga bunyinya terdengar seperti kata keberuntungan.
Itulah arti dan makna serta lambang dari Jeruk, anggur dan apel yang umumnya ada di meja sembahyang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.