Regional

Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat Adakan Bintek

KAB BANDUNG BARAT.SJN COM.-Melalui bimbingan teknis organisasi dan kelembagaan Karang Taruna kita tingkatkan kapasitas pengurus desa untuk menuju percepatan pemulihan ekonomi yang terarah, berkesinambungan dan berkah. acara tersebut di gelar di gedung B Pemda Kab.Bandung Barat. Jumat ( 14/01/21)

Kegiatan Bimtek tersebut juga dihadiri Kadinsos Dra.Sri Dustirawati M.Si.,Ketum KT KBB Ujang Rohman M.Ag.,Sekretaris KT KBB Dadan Sa’dan M.MP.d, pejabat yang mewakili Plt Bupati Bandung Barat, serta para ketua Karang Taruna dan juga para tamu undangan lainya.

Ketum Karang Taruna KBB Ujang Rohman M.Ag mengatakan” Hari ini kami melaksanakan kegiatan bimbingan teknik yang diselenggarakan oleh dinas sosial (Dinsos) Diman kami mendapatkan hibah dan tentu kegiatan ini dilakukan untuk seluruh ketua karang taruna desa dan ketua karang taruna kecamatan sejumlah 165 desa 16 kecamatan dan di ikuti 8 Bintek ” papar Ujang Rohman M.Ag di sela kegiatan

Tujuan kegiatan ini untuk dalam rangka menjelaskan tentang masalah ke organisasian tingkat atas sampai tingkat bawah disamping itu, kami juga ingin bagai mana para ketua desa atau kecamatan hari ini diberikan berbagai materi tentang bagai mana mitra – mitra kelembagaan sehingga mampu memberdayakan potensi yang ada didesa.

Karena bagai manapun salah satu indikator pembangunan ketika pemulihan ekonomi didesa meningkat dan tentu ingin menjadi para pengguna karang taruna desa menjadi motor-motor penggerak dalam kontek bagaimana menyelesaikan masah-masalah perkembangan ekonomi yang ada di desa termasuk bagai mana menggali potensi yang ada didesa.” Tutup Ujang Rohman sebagai Ketum KT KBB

Saat yang sama kadinsos Dra.Sri Dustirawati M.Si, mengatakan” Alhamdulilah hari ini bimbingan teknis Karang Taruna baik sisi kelembagaan keorganisasian dan juga titik poinnya ada dalam pemulihan perekonomian.

Seperti dijelaskan didalam pelaturan Mentri sosial no 25 tahun 2019 tentang karang taruna, tugas – tugas KT ini merupakan sebuah wadah baik dari para pemuda yang ada di setiap desa kecamatan dan ini melakukan beberapa program diantaranya program yang berkaitan kesejahteraan sosial yang meliputi perlindungan sosial, rehabilitasi sosial dan juga sumber pemberdayaan sosial,” Tutur Sri dustirawati.

Sri juga menyampaikan” dengan kegiatan- kegiatan pada hari ini semoga para karang taruna di tingkat desa dapat lebih memahami organisasi dan juga tugas-tugas yang harus dilakukan oleh karang taruna dan harus melakukan inovasi dan kereativitas.

Sri juga menginginkan karang taruna setelah kita melakukan roadshow dengan para ketua kemudian juga di jajaran dinas kabupaten Bandung barat (KBB) karang taruna di tingkat
desa luarbiasa potensinya tentunya kita bisa kembangkan Sri juga berharap” karang taruna harus bisa menjadi agen perubahan di setiap desa dengan memanfaatkan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri KT juga harus melakukan sinergi dan pentahelix baik dengan pemerintah, akademisi, perusahaan BUMN juga perusahaan perusahaan di sekitarnya dan juga media. dengan sinergi pentahelix insaallah karang taruna bisa melakukan ekonomi masyarakat sekitar dengan menggali memaksimalkan potensi yang dimiliki,”tutup Sri sebagai kadinsos. **( D*A )