Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi

KOTA SUKABUMI.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi setelah direvitalisasi, Sabtu (8/1/2022).

Total anggaran yang bersumber dari bantuan Provinsi Jabar untuk dua lokasi tersebut sebesar Rp22 miliar.

Kini Alun-alun yang terintegrasi dengan Lapangan Merdeka dapat langsung dinikmati masyarakat dengan wajah yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain menjadi ruang publik dan ekspresi budaya, masyarakat juga dapat berolahraga karena terdapat lintasan lari, lapangan basket, futsal, senam, lintasan sepatu roda hingga skateboard. Termasuk GOR Merdeka yang juga turut direnovasi.

“Lapangan dan Alun-alun ini membuat saya pangling. Semoga membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Revitalisasi Alun-alun dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi dimulai sejak 28 Juli 2021 dan selesai sesuai target selama 155 hari. Usai diresmikan warga sudah terlihat memadati Alun-alun dan Lapangan Merdeka. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil meminta agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sekarang warga mulai ramai, titip prokesnya dijaga,” pintanya.

Menurut Kang Emil, kota yang baik adalah kota yang dirasakan aman dan nyaman oleh warganya. Karena itu, penataan ruang publik menjadi komitmen Pemda Provinsi Jabar agar warganya bahagia.

“Kota yang baik kalau warganya rindu jalan-jalan dan semua harus merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga mengapresiasi program Pedestrianisasi dari Pemkot Sukabumi salah satunya di Jalan Ahmad Yani. Menurutnya, pedestrian bisa meningkatkan ekonomi lokal karena warga akan merasa nyaman dan makin banyak yang datang.

“Saya apresiasi juga program Pedestrianisasi yang bisa meningkatkan ekonomi wisata lokal karena makin banyak orang nyaman belanjanya juga makin ramai, maka ini baik untuk perekonomian,” tutur Kang Emil.

“Mudah-mudahan bisa menjadi kota terbaik dari sisi kemanusiaan dan pembangunan pariwisata,” tambahnya.

Mewakili masyarakat, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan terima kasihnya kepada Pemda Provinsi Jabar yang sudah menata kawasan tersebut.

“Mewakili masyarakat Sukabumi kami sampaikan terima kasih kepada Pak Gubernur,” ucapnya.

Achmad menuturkan, konsep dan desain revitalisasi Alun-alun dan lapangan Merdeka merupakan usulan dari Ridwan Kamil.

“Kami mengusulkan lalu direvisi oleh Pak Gubernur hingga jadi sebagus ini,” ujarnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.