Anggota DPRD Jabar Tia Fitriani Adakan Pelatihan Mijel Bagi Kaum Perempuan.

KAB BANDUNG.SJN COM.-Daur ulang atau recycle adalah proses pembuatan barang bekas menjadi bahan baru. Jadi, barang-barang yang sudah tidak digunakan diproses ulang agar menjadi produk lain. Jika limbah dimanfaatkan kembali tanpa melalui proses daur ulang, itulah yang dinamakan dengan pemanfaatan ulang atau reuse

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani mengadakan Pelatihan Mijel yaitu Minyak jelantah (mijel) Ampas kopi, sayuran dan kulit buah buahan menjadi sabun mijel Eco Enzym yang bekerjasama dengan Pusdiklat Dulur Satia

Pelatihan untuk pembuatan sabun mijel yaitu sabun dari minyak jelantah”,ucapnya.

Masih menurut Tia Fitriani, peserta pelatihan pada hari ini sebanyak 150 ibu ibu di Kelurahan Jelekong tetapi yang datang / hadir sebanyak 200 orang beberapa waktu lalu.

“Kenapa saya mengenalkan tentang pengolahan pembutan sabun mijel, karena ini akan mengajarkan kepada para ibu rumah tangga khususnya, bagaimana mengolah limbah rumah tangga berupa minyak jelantah menjadi sabun yang berguna bisa digunakan untuk mencuci pakaian, mencuci lap, keset dan lain sebagainya bahkan mencuci sepatu bisa bersih kembali”,tuturnya.

Tia Fitriani mengatakan, “dengan memanfaatkan limbah dari minyak jelantah ini diharapkan, bermula dari rumah tangga supaya tidak membuang sembarangan minyak jelantah ini tetapi dimanfaatkan sebagai sabun minyak jelantah yang dipadukan dengan eco enzim. Eco enzim merupakan sisa sisa sayuran dan buah buahan yang kemudian dicampur dengan molase dan menjadi cairan yang multi fungsi juga sebagai pembersih dan lain lain”, Tambahnya.

“Insyallah program serupa juga akan dilaksanakan di desa- desa yang lainnya”,Pungkas Tia Fitriani.(AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.