TNI

Kolonel Inf Jefson Marisano Tinjau Kolam Ritensi Dan Polder-Polder Di Wilayah Sektor 7

KAB BANDUNG.SJN COM.-Di Wilayah Sektor 7 Satgas Citarum terdapat pembangunan Kolam Retensi dan Rumah Pompa di Andir, dan 4 Polder yaitu Polder Cisangkuy di Andir, Polder Cijambe di Kampung Ciodeng Desa Bojongmalaka, Polder Cipalasari 1 di Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot dan Polder Cipalasari 2 di Ex
Yonzipur 3 Desa Dayeuhkolot.

Adapun fungsi dibangunnya Kolam Retensi adalah untuk menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal. Begitu juga dibangunnya Polder-polder berfungsi sebagai pengendali muka air di dalam sistem polder tersebut, juga untuk kepentingan pemukiman warga, muka air di dalam Sistem dikendalikan supaya tidak terjadi banjir/genangan. Jadi secara keseluruhan untuk mengatasi terjadinya banjir di wilayah tersebut.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marsiano menjelaskan,”di wilayah Sektor 7 yang rentan terhadap banjir selama ini berada di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah dan Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayuhkolot Kabupaten Bandung, Kamis (30/12/2021).

Oleh karena itu kata Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano, kami Sektor 7 Satgas Citarum terus memantau pembangunan kolam retensi. Hari ini baru saja meninjau pembangunan Kolam Retensi, Rumah Pompa dan 4 Polder yang berada di wilayah Sektor 7. Karena pembangunan proyek tersebut sangat ditunggu oleh warga masyarakat terutama wilayahnya yang sering terjadi banjir. Sesuai rencana, pembangunan proyek tersebut selesai di akhir Desember 2021 dan sudah bisa dioperasionalkan di awal Januari 2022.

Hasil tinjauan Dansektor 7 ke proyek pembangunan tersebut secara keseluruhan sudah baik dan hampir selesai, tinggal perapihan atau finishingnya saja. Namun untuk Polder Cipalasari 1 di Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot sedikit terlambat pembangunannya dikarenakan adanya banjir di Kampung Bojongasih sehingga menghambat pengiriman bahan material dan alat berat tidak bisa dioperasionalkan.

Besar harapan warga masyarakat yang berada di lingkungan langganan banjir seperti Andir dan Dayeuhkolot Kolam Retensi, Rumah Pompa dan 4 Polder segera selesai dan segera dapat dioperasionalkan di awal Januari 2022. (Pendam III/Siliwangi).