TNI

Sub Dayeuhkolot Sektor 7 Satgas Citarum Bersih-Bersih Selokan

KAB BANDUNG.SJN COM.-Sektor 7 Satgas Citarum dalam menghadapi musim penghujan yang terjadi hampir setap hari, membuat Sektor 7 harus terus berbenah, bebersih dan berkarya agar tidak terjadi banjir. Apabila terjadi banjir kapasitasnya sudah berkurang dibandingkan banjir yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Bukti kepedulian Sektor 7 ditunjukkan kepada wilayahnya terhadap lingkungan nampak nyata seperti yang dilakukan oleh Sub Dayeuhkolot Sektor 7 Satgas Citarum.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan bahwa, Dansub Dayeuhkolot Sektor 7 Satgas Citarum Serma Erfin bersama Relawan Citarum dan warga masyarakat RT. 01 RW. 14 Desa Dayehkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung memimpin kegiatan bersih-bersih selokan atau parit di sekitar wilayah tersebut, Selasa (28/12/2021).

“Perlu diketahui, wilayah Desa Dayeuholot sudah menjadi tradisi langganan banjir, namun sudah tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dapat menenggelamkan rumah-rumah warga masyarakat dan memakan waktu yang lama surutnya. Kali ini tetap terjadi banjir tetapi tingginya hanya se lutut kaki manusia dan dalam waktu tidak terlalu lama sudah surut kembali,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hal ini dikarenakan Sungai Citarum sudah dibuat dalam dan dilebarkan oleh alat berat (excavator), disamping itu juga ada pembagunan 2 polder sedang tahap akhir, dimana polder tersebut juga untuk mengantisipasi banjir”.

Dan tak kalah pentingnya untuk mengantsipasi banjir adalah kekompakan warga masyarakat bertindak setiap saat untuk selalu bersih-bersih lingkungannya seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat RT. 01 RW. 14 Desa Dayeuhkolot.

Serma Erfin bersama anggotanya mengajak warga masyarakat untuk mengadakan pembersihan selokan atau parit yang sudah dipenuhi sampah dan lumpur yang berdampak air selokan buntu tidak mengalir. Dengan harapan, semoga Desa Dayeuhkolot tidak terjadi banjir. Dengan adanya pembangunan polder yang di awal tahun 2022 sudah mulai operasional dan tahun yang sama juga akan dilaksanakan pengerukan sedimentasi oleh alat berat (excavator) di Sungai Citarum wilayah Dayeuhkolot dan Andir. (Pendam III/Siliwangi).