Pangdam III/Slw Berikan Penghormatan Kepada Penggagas Jembatan Gantung

PANGANDARAN.SJN COM.-Jembatan membuat kita teringat akan pentingnya koneksi atau saling berinteraksi. Jembatan juga secara inheren adalah simbol persatuan atau mencari koneksi. Bagi sebagian orang, jembatan juga dilihat sebagai hubungan antar warga bahkan lebih dari itu.

Kendati itu, melihat “Jembatan Gantung” yang panjang 80 meter dan lebar 1,7 meter dibangun pada tahun 1970 terbentang di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, saat ini mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun wisata manca negara.

Bagi mereka yang tidak terbiasa melewatinya, jembatan yang terbuat dari anyaman bambu dengan penyangga kawat tersebut dapat menciutkan nyali. Namun, tidak bagi warga sekitar, pasalnya tidak hanya digunakan untuk keperluan warga yang hendak pergi ke pasar, hampir seluruh warga termasuk anak-anak sekolah untuk melakukan aktivitas yang memisahkan dua desa yaitu Desa Batukaras dan Desa Cijulang kebanyakan melewati jembatan gantung tersebut.

Menurut penuturan warga sekitar “Jembatan Gantung Batukaras” dibangun atas prakarsa Alm. Dedi Unandi, dirinya adalah seorang Pensiunan TNI AD dengan Pangkat terakhir Sersan Kepala (Serka) dinas terakhir di Kodam VI/Siliwangi yang saat ini menjadi Kodam III/Siliwangi.

Jembatan Gantung Batukaras tersebut terungkap saat Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, setelah beberapa kali meninjau kegiatan Vaksinasi dan pemberian paket Sembako bagi masyarakat termasuk di pelaksanaan vaksinasi di Batukaras pada 11 Semptember 2021 yang lalu, bertempat di Shane Josa Resort Batukaras Pangandaran.

Hal itu, dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, disela-sela kegiatan menghadiri kegiatan 20 tahun Bakti Akmil angkatan 2001, di Sentul International Convention Center Bogor, Selasa (28/12/2021).

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menjelaskan, bahwa Alm. Dedi Unandi, kala itu berdinas di Cimahi dikaruniai anak laki-laki yang diberi Nama Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi, yaitu Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.

Kondisi jembatan Batukaras tersebut saat ini, yang sudah cukup lama sehingga membutuhkan perbaikan demi keamanan dan kenyamanan warga masyarakat di dua desa itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, dalam waktu dekat akan merenovasi Jembatan Batukaras tersebut, jelas Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Selain itu, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, renovasi jembatan ini merupakan suatu tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat sebagai implementasi dari Perintah Harian Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M, sekaligus sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap penggagas pertama pembuatan Jembatan Gantung Batukaras Pangandaran, yaitu Ayahanda Bapak Pangdam III/Slw, imbuhnya. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.