Regional

Desa Pasirjambu Kabupaten Bandung Jadi Desa Mitra Binaan LPM Universitas Islam Jakarta

KAB BANDUNG.SJN COM.-Kegiatan penyuluhan Pengabdian kepada masyarakat ini berbasis hasil penelitian, tema kegiatan yaitu” Peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan melalui kemitraan koperasi,” dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi dengan tujuan memberikan pemahaman dan semangat berkoperasi kepada masyarakat yang dilaksanakn di GOR Desa Pasir Jambu,Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Selasa (21/12/2021)

Wiwin, S.E.M.M.Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Jakarta (UIJ) ” Dimana koperasi ini, merupakan sebagai usaha ekonomi yang menjadi soko guru perekonomian bangsa yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan para anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kab.Bandung merupakan Desa Mitra (Binaan) LPM Universitas Islam Jakarta, memiliki koperasi yang aktif yaitu KSP Sejahtera dan KSP PWRI keberadaan koperasi tersebut diperoleh dari hasil penelitian belum adanya kerjasama kemitraan dan masyarakat Desa Pasirjambu belum sepenuhnya merasakan dampak positif dari adanya koperasi tersebut.

Oleh karena itu, diperlukan adanya penyuluhan, pendampingan dan sosialisasi yang berkesinambungan guna memanfaatkan potensi yang ada dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian daerah setempat melalui koperasi.

Secara Metode pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi disampaikan oleh narasumber dalam hal ini Penyuluh dari Dinas Koperasi dan didampingi Dosen juga Mahasiswa dan kemudian dilakukan sesi tanya jawab” dengan sasaran sebagai peserta masyarakat dan dihadiri sejumlah 50 orang.

Hasil kegiatan penyuluhan dan sosialisasi pengabdian kepada masyarakat, masyarakat dapat memahami tentang koperasi secara komprehenship, sehingga memiliki keinginan yang kuat menjadi anggota aktif.

Kemitraan koperasi di Pasirjambu, menurut hasil penelitian tim peneliti belum dapat berjalan dengan baik.disebabkan”
Pengurus koperasi pensiunan PNS, dan umumnya telah berusia lanjut.
Kurangnya minat adanya anggota baru, sebab para pensiunan menganggap koperasi tidak terlalu banyak menguntungkan dari pada hasil pensiun.

Menurunnya tingkat pendapatan koperasi di tahun 2020 akibat adanya wabah Covid 19
Perlunya adanya perbaikan dalam kemajuan koperasi di Pasirjambu, disebabkan, lemahnya pengusaan teknologi, sumber daya manusia yang sudah berusia lanjut.Perlu diperkuat dukungan aparatur pemerintah setempat untuk kemajuan koperasi dipasirjambu,Kurangnya Kerjasama antara instansi perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dalam membangun perekonomian masyarakat.

Dan juga faktor yang mempengaruhi tidak berjalannya kemitraan” Dalam aturan kemitraan perlu dicantumkan sanksi, agar semua pihak dapat melaksanakan kemitraan sesuai dengan asas perekonomian yang didasari kekeluargaan.

Untuk berjalannya kemitraan itu dengan baik perlu ada monitoring baik dari koperasi maupun dari pemerintahan setempat.
Adanya konsistensi pemerintah didalam mengembang ekonomi kerakyatan melalui koperasi

Dibutuhkan kerjasama semua pihak agar kemitraan berjalan dengan baik, seperti, Swasta, BMUN, maupun pemerintah.
Menjadikan Koperasi salah satu ekonomi kreatif.

Dr.Hamdan Azhar Siregar Koordinator Tim Peneliti UIJ ” Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Jakarta melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini melalui Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktristek Tahun Anggaran 2021.
Kegiatan dari tanggal 19 sampai 24 Desember 2021 tutup wiwin.

(Dian)