Pemerintahan

Ridwan Kamil Sambut Baik Dibukanya Akses Tol ke Bandara Kertajati

BANDUNG.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyambut baik dibukanya akses Tol Cipali menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Hal tersebut akan memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati karena tidak perlu lagi melalui jalan arteri.

“Iya akses dari Tol Cipalinya, itu memudahkan,” ujar Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (20/12/2021).

Akses tol ke Bandara Kertajati sepanjang 3,7 kilometer diresmikan hari ini oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo. Pintu masuk akses tol tersebut berada di KM 158 Tol Cikopo-Palimanan.

Menurut Kang Emil, akses menuju Bandara Kertajati akan jauh lebih mudah setelah pembangunan jalan Tol Cisumdawau rampung. Rencananya, Tol Cisumdawu mulai beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat awal 2022.

“Nunggu yang akses Cisumdawunya nembus, sehingga full. Jadi dari Bandung ke Cipali, Cipali ke Kertajatinya langsung,” ucapnya.

Saat ini Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan logistik. Kang Emil mengatakan, kebijakan penerbangan penumpang maupun logistik merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Kebijakan penerbangan bukan di provinsi, jadi saya melobi terus Pak Menhub,” ujar Kang Emil.

Kang Emil berharap, tahun 2022 seiring beroperasinya Tol Cisumdawu ditambah akses tol ke Bandara Kertajati, penerbangan akan semakin bertambah dan perekonomian meningkat.

“Rencana 2022 seperti apa mudah-mudahan ekonomi bangkit dan penerbangan bisa banyak,” kata Kang Emil.(hms)