Nasional

Ex-Ketua Umun PB HMI Resmi Jadi Presiden Pemuda Asia Afrika Periode 2021-2026

BANDUNG.SJN COM.-Kongres Pemuda Asia Afrika 2021 resmi menyepakati dan mengesahkan Respiratori Saddam Al-Jihad sebagai Presiden Pemuda Asia Afrika periode 2021-2026.

Saddam yang juga Ketua Umum PB HMI periode 2018-2020 mengungkapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh para peserta kongres.

“Syukur Alhamdulillah, kongres berjalan dengan lancar, dan terimakasih banyak kepada para peserta kongres baik yang ikut secara offline maupun online atas kepercayaamnya kepada saya memimpin Pemuda Asia Afrika selama lima tahun kedepan,” tuturnya. Bandung (18/12/2021).

Ia mengajak para pemuda Asia Afrika untuk berkerjasama membangun Asian African Youth Government kedepannya agar perannya bisa dirasakan masyarakat internasional khususnya di kawasan Asia Afrika.

“Bahu membahu antara pemuda Asia Afrika menjadi keniscyaan. Banyak tugas besar yang menanti kita. Peran dan kontribusi konkrit harus kita utamakan kedepan. Kita ini adalah diplomat-diplomat untuk mengangkat derajat masyarakat Asia Afrika,” lugasnya.

Tidak dapat dipungkiri, lanjutnya, bahwa tidak sedikit negara-negara di Asia dan Afrika yang masih terkungkung dengan berbagai persoalan yang membawa rakyat menderita, bahkan sampai kehilangan nyawa.

“Kemiskinan, krisis pendidikan dan pengangguran masih saja terjadi di belahan negara Asia Afrika. Persoalan tersebut semakin parah selama pandemi Covid-19. Dilain sisi, perang dan konflik masih terjadi yang memakan korban nyawa banyak. Peran pemuda sangat diperlukan,” pungkasnya.

Perlu diketahui kongres pemuda Asia Afrika dihadiri 30 negara secara offline dan peserta lainnya ikut secara online. Kongres diadakan di Bandung, Jawa Barat mulai 16-19 Desember 2021. (Haris)