Rapat Evaluasi Dan Bintek Momentum Tepat Tertibkan Administrasi Nyata, Transparan, Objektif dan Akuntabel

BANDUNG.SJN COM.-Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, selaku Wakil Satgas Bidang Penataan Ekosistim I, dalam sambutan yang dibacakan Kasdam III/Slw Brigjen TNI Darmono Susastro, S.I.P, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rapat Evaluasi dan Bimbingan Teknis Pertanggungjawaban Keuangan Satgas Citarum Harum Tahap II Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan tersebut bertempat, di Grand Sunshine Resort & Convention, Jalan Raya Soreang No. 6 Pamekaran Soreang Kabupaten Bandung, Jawa barat, Kamis (16/12/2021).

Hadir dari pejabat Kementerian PUPR, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Kepala BBWS Citarum, Ketua Harian Satgas Citarum Harum, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalak Jajaran Kodam III/Slw, dan para Dansektor.

“Secara formal kegiatan ini memiliki momentum yang tepat untuk dilaksanakan mengingat saat ini sudah berada di penghujung TA. 2021 yang berarti program kegiatan dan anggaran Citarum Harum tahun 2021 akan segera berakhir,” ujarnya.

Lanjut dalam sambutannya mengatakan, hal ini perlu dilakukan karena secara substansial kegiatan Rapat Evaluasi penting dan urgen untuk dilaksanakan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Sehingga diharapkan dapat memberikan saran dan masukan yang positif dalam rangka peningkatan kinerja Satgas Citarum Harum di lapangan.

Selain itu, dengan kegiatan Bimtek pertanggungjawaban keuangan diharapkan mampu melakukan tertib administrasi keuangan, semua kegiatan dan penggunaan anggaran harus dapat dibuat laporannya secara nyata, transparan, obyektif dan akuntabel berikut dengan laporan progres kegiatan program Citarum harum harus tetap mengacu kepada rencana aksi yang sudah dibuat.

“Sehingga akan tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan secara konsisten agar tidak terjadi mismanagement yang berakibat pada kerugian keuangan negara yang bisa menghambat realisasi keberhasilan program Citarum Harum,” harapnya.

Dalam penilaian secara umum menurut Wakil Satgas Bidang Penataan Ekosistim I, progresivitas program kegiatan cukup meningkat. Namun, kegiatan tersebut perlu dinilai secara cermat dan terukur.

“Maka hal ini, akan disampaikan oleh para nara sumber terkait dan kompeten terhadap Program Citarum Harum. Mudah-mudahan kita mendapat solusi terbaik untuk mengoptimalkan semua program kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Diakhir sambutannya Wakil Satgas Bidang Penataan Ekosistim I, mengajak kepada para Nara Sumber, para Dansektor serta seluruh peserta rapat, untuk memanfaatkan kegiatan tersebut, sehingga sasaran dan target yang ditetapkan, khususnya pengendalian dan perbaikan pencemaran serta kerusakan DAS Citarum dari hulu hingga hilir demi kualitas lingkungan yang lebih baik. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.