Rangkaian Kegiatan Hari Ibu: Salimah Siap Mencetak Perempuan Pelopor Pembangun Ketahanan Keluarga di Jawa Barat

BANDUNG.SJN COM.-Pimpinan Wilayah Salimah Jawa Barat mengadakan Rangkaian Kegiatan Hari Ibu ke-93 dan Rakorwil yang diselenggarakan pada tanggal 17–18 Desember 2021. Acara tersebut bertempat di Hotel Kimaya – Braga, dan dihadiri oleh tidak kurang dari 70 orang pengurus Salimah dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Mentalitas Pelopor di Era 4.0 dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan dan Ketahanan Keluarga.” Hal ini semakin menegaskan perwujudan visi Salimah untuk menjadi ormas perempuan pelopor dalam meningkatkan kualitas kehidupan perempuan, anak, dan keluarga Indonesia.

Rangkaian Kegiatan Hari Ibu dan Rakorwil ini sekaligus Launching UMKM binaan Salimah. “Saat ini sekitar 1500 UMKM perempuan, telah dibina oleh Kossuma dan Departemen Ekonomi Salimah Jawa Barat. “Harapannya UMKM perempuan ini menjadi sarana pemberdayaan perempuan yang salah satunya untuk mewujudkan ketahanan keluarga,” ujar Wiwi Hartanti, M.Pd. dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama Kabag Bina Mental Spritual Biro Kesra, Prov. Jabar Dr. H. Supriadi, SAg, SH, MH, berharap agar Salimah dapat menjadi mitra Pemerintah Provinsi Jabar dalam mewujudkan program-program unggulan Pemerintah Provinsi Jabar, terutama yang berhubungan dengan perempuan, anak, dan keluarga.
Senada dengan yang disampaikan Supriadi, Ketua BKOW Jabar Dra. Hj. Euis Siti Julaeha Sahidin, S.Ip. MBA. juga menyampaikan agar Salimah dapat bersinergi bersama ormas perempuan lainnya di Jawa Barat dalam mewujudkan ketahanan keluarga dan memajukan perempuan Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Umum PP salimah, Dewan Pertimbangan Salimah Wilayah, dan Dipl. Ing. Diah Nurwitasari, M.I.Pol. sebagai Keynote Speaker.

Rangkaian kegiatan Hari Ibu ini semakin semarak dengan acara penganugerahan Salimah Awards, penghargaan yang diberikan kepada para Pimpinan Daerah se-Jawa Barat dengan unjuk prestasi terbaik dalam beberapa kategori. Kategori yang dipertandingkan adalah Best Mama Ambassador, Best Secretariat, Best Recruiter, Best Structure Growth, Best Fundraiser, Best Exist, Best Quranic Program, Best Sister, dan Best Partnership. Acara penganugerahan mencapai puncaknya tatkala Pimpinan Daerah Salimah Kota Bekasi dinobatkan sebagai Juara Umum dengan perolehan pemenangan kategori paling banyak.

Acara ini terselenggara atas dukungan penuh yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada PW Salimah Jawa Barat. Selain itu, penyelenggaraan acara juga didukung oleh beberapa mitra PW Salimah Jawa Barat, diantaranya Sanusa dan Qur’an Cordoba.

Launching Pembinaan UMKM Perempuan Salimah Jawa Barat

Salimah sangat mendorong para perempuan agar bisa menjadi perempuan – perempuan yang berdaya di lingkungannya. Perempuan sebagai pilar peradaban, harus menjadi pelopor dalam upaya perwujudan keluarga Indonesia yang unggul. Salah satu program unggulan Salimah dalam membentuk perempuan berdaya adalah Outlet Salimah. Outlet Salimah adalah basecamp kegiatan Salimah yang menyediakan salimah food, produk UMKM lokal, Baitul Quran Salimah, dan kegiatan Salimah lainnya. Sampai saat ini sudah dibuka Outlet Salimah yang tersebar di 16 kota dan kabupaten di Jawa Barat, yang dikelola oleh Departemen Ekonomi.

Launching pembinaan UMKM perempuan Salimah, yang juga menjadi salah satu sesi pada Rangkaian Kegiatan Hari Ibu ini, menunjukkan keseriusan Salimah untuk terus membina para perempuan di Jawa Barat, agar bisa menjadi perempuan yang tangguh, berdikari, dan berdaya. Para peserta pelatihan tampak sangat antusias ketika Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., CPE. Menyampaikan materinya dalam sesi pelatihan. Guru Besar ITB itu menerima berbagai pertanyaan dari para ibu yang tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian acara hingga akhir.

Upaya peningkatan pemberdayaan perempuan bukanlah sebuah upaya yang kecil dan mudah. Sejatinya ia adalah sebuah upaya yang membutuhkan kerja keras dan kerja sama yang solid dari seluruh komponen pembentuk sebuah negara. Ketika perempuan, ibu dalam keluarga, menjadi sosok yang tangguh, maka ia akan semakin berpotensi mewujudkan keluarga Indonesia yang kokoh. Keluarga yang kokoh, menjadi batu bata terbaik yang berjuang penuh bagi terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. Salimah, melalui acara Rakorwil, terus menata barisan, menyatukan kekuatan, terus menelurkan program-program yang turut membantu mewujudkan cita-cita bangsa, membentuk perempuan-perempuan pelopor pembangun peradaban.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.