Regional

Wabup Sahrul Gunawan Resmikan Taman Pustaka Sabda Desa Edupark Cinyiruan Pangalengan.

KAB BANDUNG.SJN COM.-Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan meresmikan Perpustakaan di Taman Sabda Desa Edupark Cinyiruan, Desa Pangalengan, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung didampingi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan H.Yosep Nugraha, SH.M.IP, serta dihadiri PTPN VIII Kertamanah serta Camat Pangalengan. Rabu (15/12/2021).

Sebelum memasuki acara peresmian, rangkaian acara ini diawali dengan Talkshow Gerakan Literasi Perpustakaan dengan menghadirkan Narasumber Dr. Marcellia Suryana , BA (Hons), MM Par dan Hery Sigit Cahyadi.

Pojok Baca berupa Kolecer (Kota Literasi Cerdas) merupakan perpustakaan mini di tengah area wisata, meruapakan salah satu upaya Pemkab Bandung melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca di Kabupaten Bandung.

Taman Pustaka Sabda Desa Edupark Cinyiruan berlokasi di Desa Cinyiuran Kecamatan Pangalengan Kabuapten Bandung, menjadi tempat petama sebagai rintisan perpustakaan berorientasi wisata.Para wisatawan yang datang selain berekreasi menikmati keindahan alam dan kuliner, juga bisa mendapatkan informasi untuk menambah wawasan dengan adanya perpustakaan yang nyaman, sambil menikmati keindahan alam Pangalengan.

Dalam sambutannya Kepala Disarpus Kabupaten Bandung H.Yosep Nugraha menuturkan mengembangkan perpustakaan yang ada di desa dan menggabungkan dengan konsep wisata, merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan budaya literasi yang keren dan asik di Kabupaten Bandung ujar H. Yosep Nugraha.

Lebih jauh H. Yosep Nugraha menegaskan Dengan hadirnya pojok baca di tempat wisata, tidak hanya mendorong seseorang untuk gemar membac, namun juga menciptakan profil individu masyarakat Kabuapten yang pembelajar tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan mengatakan Adanya Perpustakaan di Taman Sabda Desa Edupark ini menjadi salah satu bemtuk upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam meningkatkan capaian pengembangan budaya baca.

Wabup Sahrul Gunawan menilai, kehadiran perpustakaan di kawasan Edupark dapat menjadi sarana untuk menyebarkan gerakan literasi yang asik kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

“Di sini masyarakat dapat memanfaatkan taman edukasi sebagai tempat pendidikan sekaligus sarana hiburan dan tempat rekreasi keluarga,” ucap wabup

Keberadaan perpustakaan, lanjut Sahrul, merupakan komitmen pemerintah daerah untuk memerangi kebodohan. Hal itu selaras dengan salah-satunya visi pembangunan Pemkab Bandung yakni terwujudnya masyarakat yang edukatif.

“Ini juga merupakan perwujudan dari misi ke dua, yaitu menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan merata,” jelasnya.

Wabup Sahrul juga berharap, taman edukasi tersebut dapat terus dikembangkan di daerah lainnya. Dengan begitu, tambah wabup, akan tercipta ruang terbuka hijau (RTH) sekaligus ruang bermain ramah anak.

“Kami sangat berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat edupark ini dengan baik. Sekali lagi, tempat ini bisa menjadi sarana literasi yang asik, juga ajang pengembangan dan pembinaaan perpustakaan untuk membangun masyarakat Kabupaten Bandung Bedas,”pungkasnya. (red)