TNI AD – Polri, Bangun Kebersamaan dan Esprit de Corps

KAB BDG BARAT.SJN COM.-Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si, pimpin Uparaca Pembukaan Pendidikan Integrasi TNI AD – Polri Tahun Anggaran 2021, bertempat di Lapangan Hitam SPN Polda Jabar, Jalan Kolonel Masturi, Desa Jambudipa Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (13/12/2021).

Upacara pembukaan ditandai dengan pernyataan resmi pembukaan oleh Pangdam III/Slw selaku Irup. Sedangkan tanda peserta Siswa, Pangdam III/Slw menyematkan kepada Siswa Polri, sementara Kapolda Jabar menyematkan kepada Siswa TNI AD.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, diantaranya mengatakan, Pendidikan dan Pelatihan Integrasi TNI-POLRI hari ini secara serentak dibuka di seluruh Satuan Pendidikan Polri dan 14 Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Darat (AD) di Tanah Air.

Untuk kegiatan tersebut, merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD dan Polri Nomor PKS/29/IX/2021 dan No. PKS/39/IX/2021 tanggal 15 September 2021 tentang penyelenggaraan kegiatan Terintegrasi pada pendidikan pertama, Pendidikan pengembangan/Pendidikan Pembentukan Perwira dan pendidikan pengembangan umum.

Lanjut pada amanatnya, latihan kolaborasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri pertama kali ini, diikuti 725 Siswa yang dilaksanakan mulai hari ini, hingga 5 hari ke depan di seluruh Satdik Polri dan di 14 Lembaga Pendidikan TNI – AD.

“Pelaksanaan kegiatan latihan kolaborasi ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik, sehingga terjalin silaturahmi dan sinergitas antara TNI AD dan Polri yang dimulai dari lembaga pendidikan sampai nantinya bertugas di satuan masing masing,” harapnya.

Sedangkan pelatihan sinergitas menitik beratkan pada keterampilan perorangan, bertujuan untuk mewujudkan terbangunnya rasa kebersamaan dan Esprit de Corps antara peserta didik yang meliputi penanaman dan sikap tata Nilai Jiwa Sinergitas, pengetahuan pendukung dan implementasi Nilai Nilai Sinergitas.

“Dengan demikian akan mampu menguatkan sinergitas antara TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan Nasional,” tandasnya.

Seusai upacara pembukaan, dilanjutkan pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana Gunung Semeru dan peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan SPN serta penanaman pohon.

Hadir Pangdam III/Slw dan Kapolda Jabar, Danrindam III/ Slw, Aspers Kasdam III/Slw, KSPN Polda Jabar, PJU Polda Jabar, Dansat Brimob Polda Jabar, Kapolres Cimahi, serta Dandim 0609/Cimahi. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.