Regional

Wabup Sahrul Gunawan Kukuhkan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Bandung

KAB BANDUNG.SJN COM.Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Kabupaten Bandung Periode 2021-2025 telah dilantik oleh Ketua GPMB Jabar Ir.Manan Suherman M.M serta dikukuhkan oleh Waki Bupati Kabupaten Bandung H.Sahrul Gunawan, SE.Acara ini dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Bandung Hj.Emma Dety Dadang Supriatna, Kepala Dispusipda Jawa Barat Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M,Si.serta para undangan lainnya bertempat di Kampung Sawah Kabupaten Bandung. Selasa (7/12/2021).

Dalam Laporannya Kadisarpus Kabupaten Bandung H.Yosep Nugraha SH, M.IP menuturkan sesuai tuntutan UU No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan serta Peraturan Daerah No 9 Tahun 2016 Tentang perpustakaan di Kabupaten Bandung salah satu stakeholder pejuang literasi dibentuk dalam Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca oleh karena itu berdasarkan ketetapan tersebut berdasarkan hasil musyawarah antara pegiat literasi yang ada di Kabupaten Bandng dengan Dinas Arsip dan Perpustakan dibentuklah organisasi kemasyarakatan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca . Ini sangat penting karena literasi hari ini masih harus terus kita perjuangkan, penting karena masyarakat kita memiliki pemahaman bahwa literasi itu amatlah penting. bagaimana tidak penting karena dunia kehidupan ini akan kacau balau tanpa literasi ujar Yosep.

Salah satu perjuangan GPMB di Kabupaten Bandung adalah bagaimana kita membangun pemahaman yang sama terhadap pentingnya strategisnya literasi dimulai dari literasi keluarga literasi sekolah sliterasi di tempat kerja maupun literasi di lingkungan masyarakat pada umumnya. Tujuan urtama kita adalah membangun masyarakat yang Bedas dalam konteks litearsi masyarakat Bedas itu adalah masyarakat yang literant yang masyarakat belajar sampai akhir hayat dengan semangat Membangun Literasi di Kabupaten Bandung tandasnya.

Wakil Bupati Bandung H.Sahrul Gunawan, SE dalam pengukuhannya mengharapkan para pengurus Daerah dapat membangkitkan Minat Baca di Kabupaten Bandung agar terwujud Bedas LIterant atau literasi yang mewujudkan Masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera.

Sementara Bunda Literasi Kabupaten Bandung Hj.Emma Dety Dadang Supriatna dalam arahannya menekankan pengadaan motor baca di setiap kecamatan untuk membangkitkan minat baca di desa-desa di Kabupaten Bandung,selain itu mengaharapkan Dispusida Jabar dapat menambah koleksi buku yang menarik dalam rangka menarik minat baca masyarakat untuk mengimbangi konten-konten tak bermanfaat yang gampang diakses di medsos.Saling bergandengan tangan mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang literant lebih memahami gemar membaca untuk mendukung pendidikan juga pengetahuan ke depannya pungkasnya.

Ketua Umum PD GPBM Kabupaten Bandung terpilih Abdul Kholik mengajak seluruh pengurus untuk bersama meningkatkan kemampuan gemar membaca di Kabupaten Bandung. Semoga PD GPMB yang berjumlah 29 orang dari berbagai unsur yang ada di Kabupaten Bandung bisa menjadi kekuatan yang bisa melaksanakan program sesuai dengan program pemerintah. Hayu Bedaskeun Literasina! (red)