Mantan Preman Dari Ciamis, Berpenghasilan 250 Juta/Bulan Dari Usaha Tahu Bulat dan Expedisi.

CIAMIS.SJN COM.-Sosok laki-laki berperawakan tegap,pundak gempal,dengan potongan gaya rambut plontos dari Ciamis ini kiranya sudah familier,khususnya di Kabupaten Ciamis tempat ia dilahirkan, pria yang bertahun-tahun hidup di jalanan dan terkenal jadi preman Terminal Ciamis ini mengaku ia selalu berusaha bermetamorfosis untuk menuju hidup lebih baik.

Namanya Omay Komarudin, laki-laki kelahiran 05/09/1973 ini akrab dipanggil dengan sapaan Kang Domay.

Di usianya yang genap 48 tahun di bulan mei tahun ini, Kang Domay mengaku sudah mengawali bidang usaha yang ia geluti dalam waktu 2 tahun terakhir.

” Saya mengawali usaha pas bertepatan munculnya isu Covid-19 di tahun 2019 silam,tapi tak disangka mungkin ada faktor hoki juga, ternyata justru isu Covid malah jadi keberkahan buat saya” Ujar nya ke media sjn com (Kamis,2 Desember 2021).

Berawal dari kejenuhan menggeluti profesi sebagai preman dan salah satu tokoh di salah satu LSM, Kang Domay bicara blak-blakan bahwa tingkat ekonominya sangat memprihatinkan sampai-sampai taraf hidup nya di bawah garis kelayakan, dan ia mengaku suka merasa berdosa kepada keluarga dan istrinya karena tidak bisa memberikan nafkah yang layak seperti layaknya orang yang berkeluarga dalam ekonomi berkecukupan.

” Jangankan beli mobil baru yang mewah,sekedar mobil butut pun harus banyak merampingkan alokasi untuk kebutuhan lain” Timpal Kang Domay sambil tertawa.

Mengawali usaha tahu bulat awalnya hanya 3 pedagang dengan menggunakan sepeda motor, dan berkah pandemi Covid-19 Kang Domay mengalami kesuksesan yang signifikan, dalam 2 tahun terakhir Kang Domay mengaku sudah ada 136 pedagang, yang siap menjajakan dagangan tahu bulatnya dengan target 60.000,-butir tahu bulat per hari, dengan hasil omset Rp.30.000.000,-/ hari dengan keuntungan Rp.5000.000,- /hari bersih setelah dipotong operasional dan gaji karyawan. Tidak berakhir di usaha tahu bulat saja ternyata Kang Domay juga punya usaha lain yang bergerak di expedisi, dari usaha expedisinya ini Kang Domay mengaku punya keuntungan Rp.3000.000,- /hari. Selain itu ada juga beberapa usaha lain yang menjadi tambahan income bulanan Kang Domay.

” Kurang lebih tiap bulan saya mengantongi untung bersih 250 Juta” Ucap Kang Domay.

Sungguh penghasilan yang luar biasa untuk kondisi ekonomi dewasa ini, sebagai rasa syukur atas berkah kelancaran usahanya,Kang Domay sering terlibat dalam kegiatan sosial.

Saat ditanya Media sjn com tentang dimana wilayah usaha penjualan tahu bulatnya? Kang Domay menjawab bahwa anak buahnya tersebar di daerah Jawa timur,beberapa titik di Sumatra dan juga Jambi. Bahkan ada beberapa anak buahnya yang merupakan putra daerah dilokasi oprasi dagangnya.

“Pedagang-pedagang saya kira-kira 70 persen dari Ciamis,dan 70 persen dari masing-masing lokasi tempat saya memasarkan tahu bulat” Jelas Kang Domay.

Sebagai motifasi dan edukasi buat disampaikan ke publik Kang Domay menyampaikan beberapa pesan yang merupakan kiat-kiat sukses dalam membangun usaha.

Pesan Kang Domay :
1. Jangan menyerah karena kegagalan
2.Dalam setiap kegagalan,pasti ada yang salah. Makanya harus makin semangat untuk belajar lagi demi totalitas kualitas usaha yang di jalani.
3.Usaha bisa untung besar dikala banyak orang yang gabung untuk memasarkan produk kita.
4. Jangan memberikan toleransi kepada karyawan yang sudah tidak jujur,baiknya di amputasi saja (diberhentikan), karena bisa jadi virus dalam lingkungan kerja yang mengancam kelancaran usaha kita.

Empat poin di atas mengisyaratkan bahwa Kang Domay bisa sukses bukan faktor kebetulan ataupun faktor hoki semata,tetapi memang dibangun oleh prinsip kuat yang ditopang rumus-rumus menuju kesuksesan.

(Ajat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.