Pangdam III/Siliwangi bersama Forkopimda Kabupaten Garut Kunjungi Lokasi Banjir Bandang.

GARUT..SJN COM.-Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subianto, SE.,S.Mi. kunjungi langsung daerah yang terkena banjir bandang di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karang Tengah di Kabupaten Garut. Rabu (1/12/2021).

Saat konfrensi pers dihalaman kantor Kecamatan Sukawening Pangdam III/Siliwangi mengatakan bahwa bagi rumah yang rusak parah ada bantuan dari pemerintah sebesar lima puluh juta.

“Bagi rumah yang bisa digunakan akan dibersihkan oleh TNI-Polri dan bantuan masyarakat termasuk BPBD dan dinas terkait lainnya, apabila ada rumah yang rusak parah sehingga tidak bisa digunakan akan mendapat bantuan per rumahnya sebesar lima puluh juta dari pemerintah,” ucap Pangdam III/Siliwangi.

Lanjutnya, Pangdam III/Siliwangi menjelaskan bahwa setelah membersihkan rumah-rumah yang terkena dampak banjir maka akan masuk ke program pipanisasi dimana akan dipasang pipa dari sumber mata air bersih ke setiap rumah warga sehingga warga bisa menggunakan air tersebut untuk mandi, mencuci dan sebagainya sebagai mana seperti belum terjadi bencana banjir bandang.

Pangdam III/Siliwangi pun menghimbau agar masyarakat khususnya di wilayah Jawa barat dalam menghadapi musim hujan agar lebih mengerti akan permasalah jika banjir datang.

“Saya menghimbau agar masyarakat yang ada di wilayah khususnya di jawa barat agar mengerti dimusim hujan ini apabila terjadi banjir dari mana timbulnya banjir itu, mungkin dari tanah resapan yang telah dibangun perumahan secara ilegal maupun tanah resapan ditanami tanaman palawija yang kurang bisa menyerap air, wilayah-wilayah konservasi itu harus tertanami oleh tanamah yang bisa menyerap air jadi dimana hujan tiba air akan terserap kedalam tanah dan tidak akan mengalir, tapi apa bila ditanami yang bukan peruntukannya maka akan terjadi banjir bahkan banjir bandang,” himbaunya.

Setelah melaksanakan konferensi pers, Pangdam III/Siliwangi melanjutkan kegiatanya dengan memberikan bantuan sembako bagi warga yang terkena musibah bencana banjir bandang secara simbolis, menyerahkan lumbung sosial dari Kemensos ke Kecamatan Sukawening, meninjau daerah yang terkena dampak banjir bandang dengan menggunakan motor trail dan meninjau langsung kegiatan gebyar vaksinasi di resto sawah lega.

Dalam Kunjungan Pangdam III/Siliwangi tersebut ikut di hadiri oleh, Danrem 062/TN, Wakil Bupati Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611/Garut, anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI-P,Sekda, BPBD, dan tamu undangan lainnya.(Sumpena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.