TNI

Sektor 7 Satgas Citarum Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

KAB BANDUNG.SJN COM.-Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang “Hari Menanam Pohon Indonesia” diperingati tanggal 28 November setiap tahunnya. Mengutip catatan di situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Hari Menanam Pohon Indonesia bertujuan untuk memberikan kesadaran serta kepedulian masyarakat tentang betapa pentingnya pemulihan kerusakan pohon dan juga untuk mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan.

Pada kesempatan ini Sektor 7 Satgas Citarum memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di bantaran Sungai Citarum tepatnya di RW. 02 Kampung Cilebak Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Jum’at (26/11/2021).

Kali ini Sektor 7 dibawah pimpinan Peltu Jumain mengajak Guru-guru dan anak-anak Sekolah dari SDN 03 Rancamanyar dan MI An-Na-iim melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Mengapa anak-anak sekolah sudah harus diajarkan menanam pohon ? Karena kegiatan menanam pohon diberikan kepada anak-anak bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya menanam pohon. Sejak dini anak-anak dididik untuk tahu fungsi dan manfaat dari menanam pohon, sehingga tertanam dalam diri mereka untuk selalu melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar mereka. Selain itu, mereka juga diajari bagaimana cara menanam pohon secara benar, bagaimana memindahkan bibit pohon ke pot atau ke lahan penanaman, juga memupuk tanaman setelah dipindahkan. Selain itu anak-anak diajarkan agar bisa melestarikan penanaman pohon kepada generasi berikutnya agar pohon-pohon di bumi ini tidak punah.

Peltu Jumain bersama anggota Sektor 7, para Relawan Citarum dan 35 orang gabungan Guru-guru dan anak-anak sekolah bersama-sama memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dengan menanam pohon sebanyak 150 bibit pohon terdiri dari pohon mangga, pohon mahoni, pohon jati putih, pohon pinus dan pohon suren di bantaran Sungai Citarum Kampung Cilebak. Diawali dengan penjelasan tentang peran pohon dan teknis penananamannya seperti pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup.

Pohon juga menjaga suhu bumi agar tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah dan mencegah erosi. Terlihat anak-anak sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan penanaman pohon dan selalu dituntun bagaimana penanamannya dengan baik. (Pendam III/Siliwangi).