TNI

Pangdam Serahkan Motor Angkut Sampah, Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan.

BANDUNG.SJN COM.-Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si menyerahkan 40 unit Sepeda Motor pengangkut Sampah dalam mengantisipasi banjir dimusim penghujan kepada 23 Dansektor Satgas Citarum Harum di Taman Pule Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung Jabar. Jum’at (5/11/2021).

Hadir pada acara tersebut Kasdam III/Slw, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Danrindam, Asrendam, Para Asisten Kasdam, serta Para Dansat/Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi dan para Dansektor Satgas Citarum Harum.

“Sampah merupakan salah satu permasalahan di Indonesia, di Karawang sungai bagus tetapi sampahnya tidak karuan, saya berpikir harus bagaimana supaya masyarakat merasa malu membuang sampah sembarangan”, ujar Pangdam.

Lanjut Pangdam Para Dansektor harus aktif memberitahu Kepala Desa dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah bisa ditaro di depan rumah kemudian diatur yang mengambilnya atau cari warga untuk jadi tukang sampah dan dibayar tiap bulan pasti ada yang mau, kata Pangdam dalam arahannya kepada para Dansektor.

“Para Dansektor agar berinovatif untuk memecahkan bagaimana sampah-sampah dapat diatasi, bagaimana sungainya jadi bersih, dan bagaimana pemanfaatannya, bisa dibuat untuk rekreasi, penghijauan ataupun kegiatan kesejahteraan masyarakat, tutur Pangdam.

Pangdam menekankan, para Dansektor untuk memelihara dan merawat kendaraan motor pengangkut sampah tersebut dengan baik, agar selalu dalam keadaan siap operasional dengan masa pakai yang cukup panjang. Bekerja dengan niat ibadah dan dilandasi dengan hati yang ikhlas”, pesan Pangdam.

Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto usai mendampingi Pangdam III/Slw pada acara penyerahan Motor Pengangkut sampah mengatakan,”Sampah yang menumpuk merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam upaya pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum, terlebih lagi saat memasuki musim penghujan seperti saat ini, dengan hadirnya motor pengangkut sampah ini, diharapkan bisa membantu mobilitas pada setiap Sektor Citarum Harum untuk mengatasi sampah dari lokasi Sektor menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara”. (Pendam III/Siliwangi).