DPD IWAPI JAWA BARAT GELAR MUSDA IX

BANDUNG.SJN COM.-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Jawa Barat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IX yang diadakan di Harris Hotel & Convetion. Bandung.Senin (25/10/2021). Dalam laporannya Ketua Pelaksana (OC) Dr.Anne Ratnasari, Dra., M.Si mengatakan Tema yang diusung dalam Musda IWAPI IX yaitu ” Tantangan Digitalisasi dan Finansial Sebagai Resiliensi Perempuan Pengusaha Bangkit di Masa Pandemi dan di Era New Normal “. Musda ini diselengarakan berdasarkan AD,ART dan PKO IWAPI.Peserta Musda berasal dari 22 DPC IWAPI Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Pengurus DPD IWAPI Jabar semuanya berjumlah 102 orang.Acara ini terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak dengan Ketua SC Musda Ir.Siti Sarah, D I.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana, mewakili Gubernur Jawa Barat yang berhalangan hadir.Turut hadir Ketua DPD IWAPI Provinsi Jawa Barat Dr.(C) Hj. Masrura Ram Idjal SE.MBA.M.Sc, Ketua DPP IWAPI Ir.Nita Yudi, MBA, Ketua Kadin Jabar Drs.H.Cucu Sutara, MM, Perwakilan DP3AKB Jabar Ari Antari Ratna Dewi,Perwakilan Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Prov.Jabar, Ketua BKOW Jawa Barat Euis Siti Julaeha.

Pada kesempatan tersebut, DPD IWAPI Provinsi Jawa Barat memberikan Penghargaan kepada DPC IWAPI Teladan Tingkat Jawa Barat diraih oleh DPC IWAPI Kabupaten Bogor Hj.Inne Roswianita,SE serta Wanita Prestasi Tingkat Jawa Barat diraih Uun Unerie dari DPC Kota Cirebon.

Dalam sambutannya Ketua DPD IWAPI Provinsi Jawa Barat Dr.(C) Hj. Masrura Ram Idjal SE.MBA.M.Sc,menuturkan Musda IWAPI IX diadakan bertujuan untuk pemilihan ketua dan pengurus baru sesuai amanat AD/ART bahwa dalam periode 5 Tahun diadakan Musda untuk memilih ketua dan pengurus baru tujuannya untuk penyegaran organisasi ujarnya.

Lebih jauh Hj Masrura Ram Idjal mengatakan Terkait pandemi covid-19 bukan hanya IWAPI saja yang terkena imbasnya, akan tetapi semua sektor, tapi IWAPI yang terdiri pengusaha perempuan baik dari DPP maupun dari DPD IWAPI sendiri banyak membuat program-program , kami bekerjasama dengan pemerintah , membuat program pelatihan bagaimana kita perempuan pengusaha menyikapi kondisi pandemi dan bangkit juga untuk usaha dan DPP IWAPI bekerja sama dengan banyak kementerian juga BUMN untuk membuka peluang-peluang usaha.

Produk kami salah satunya bekerjasama dengan BUMN yaitu PaDi UMKM dimana anggota IWAPI boleh berjualan, boleh menawarkan produknya kepada BUMN, IWAPI di DPP bekerjasama dengan Kementerian UMKM, Kementerian Perempuan, Kementerian Perdagangan ini semua membuka peluang untuk Export, Kami di Jawa Barat juga sama bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Dinas-Dinas terkait untuk mendapat fasilitas, program-program pelatihan digital yang dilakukan oleh anggota kami melalui webinar /online,Alhamdulillah Teman-teman berjalan. Sektor unggulan yang bertahan salah satunya kuliner.Teman-teman yang bergerak di kuliner tetap eksis malah meningkatkan lagi yang terdaftar digofood, kita fasilitasi untuk didaftarkan disana supaya lebih berkembang pasarnya tandasnya.

Sering kita adakan pelatihan bagaimana memulai bisnis kuliner seperti apa berkaitan dengan izin-izin sptnya kita fasilitasi merekanya. Alhamdulilah sampai hari ini tentu saja masih berjuang bisa keluar dari kondisinya, mulai sekarang bangkit.

Musda IX IWAPI Jabar secara aklamasi telah memilih Ibu Dr.(C) Hj.Masrura Ram Idjal, SE.MBA.M.Sc.sebagai Ketua Umum DPD IWAPI Periode 2021-2026.Beliau mengarahkan bahwa tugas ini adalah PR berat dalam kondisi pandemi saat ini, memang tidak mudah memimpin sebuah organisasi dengan jumalah anggota 3.300 orang se Jawa Barat, tapi saya yakin dan percaya IWAPI punya potensi yang sangat besar, tugas saya bagaimana mengembangkan potensi-potensi tersebut, mensinergikan potensi tersebuut sehingga menjadi bonafit bagi seluruh anggota, saya bersinergi dengan berbagai organisisasi seperti BKOW, KADIN Jabar, perbankan, BUMN untuk mendapatkan CSR. Semua stockholder kita libatkan sehingga pemanfaatan potensi dari pada anggota ini bisa maksimal.

Harapannya kedepan IWAPI Jabar bisa bangkit lagi mempromosikan program-program nya, bukan demi anggota IWAPI saja akan tetapi demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Ketua DPP IWAPI Ir.Nita Yudi, MBA, memaparkan Dmasa Pandemi covid-19 ini, kita sebagai UMKM tentu tidak boleh pesimis, karena tantangan pandemi covid-19 ini mempunyai peluang yang luar biasa, dengan adanya PPKM kita harus bekerja dari rumah, itu sebetulnya membuat usaha ,ada usaha , kita yang biasanya offline jadi online ternyata dibalik itu ada saatnya kita belajar kembali, ternyata peluangnya juga bukan lokal, pasarnya bukan pasar lokal, tetapi sekarang pasar global karena semuanya menggunakan digitalisasi bisa menjangkau internasional itu maju sampai sekarang, bergegas UMKM untuk Go Export , kita melatih para UMKM untuk bisa bagaimana mereka bisa export , dari bagaimana product yang harus diperbaharui kualitasnya, pengemasannya samapi peraturan-peraturannya ucap Nita Yudi

Lebih lanjut Nita Yudi menambahkan dari pemerintah sangat banyak bantuan-bantuan baik stimulus finansial maupun bantuan UMKN Go Export.Kita bisa lihat pertumbuhan Jabar ekonominya 6.15% , ini luar biasa dikwartal ini, tapi Jabar lebih tinggi ini menunjukan bahwa ekonomi sudah berjalan , saya berharap Ibu-Ibu IWAPI yang ada di Jawa Barat untuk Bangkit pungkasnya.

(A.Budiman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.