Peran Perempuan Sektor UMKM Sangat Penting

BANDUNG.SJN COM.-Pemberdayaan Perempuan dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan suatu bangsa, sehingga mengpengaruhi kemajuan negara.Selain berperan dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, selama pandemi Covid-19 kaum perempuan menjadi pahlawan ekonom bagi keluarga.Peran dan keterlibatan perempuan dalam fngsi ekonomi keluarga akan berdampak pada kesejahteraan dan pemenuhan kesehatan keluarga.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani.

Lebih jauh Politisi Perempuan Partai NasDem Tia Fitriani menuturkan Dalam kehidupan bermasyarakat, sosok perempuan yang mandiri secara ekonomi dapat menjadi pahlawan ekonomi keluarga melalui usaha yang digelutinya, apalagi dalam masa-masa sulit ini. Para Perempuan yang mandiri secara ekonomi bereperan dalam melaksanakan fungsi ekonomi keluarga, sehingga keluarga pun menjadi lebih harmonis serta sejahtera.Jika Perempuan biasa berdaya, bukan tidak mungkin Jawa Barat menjadi daerah yang maju dan sejahtera tandasnya.

Politisi asal Dapiil Jabar II (Kabupaten Bandung) menrgaskan Perempuan memiliki peranan penting dalam mendukung perekonomian nasional. Hal ini tercermin dari 99 persen pelaku ekonomi nasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebanyak 60 persennya adalah perempuan.

“Jadi penting peranan perempuan dalam perekonomian, kinerja ekonomi nasional memang sangat tergantung dengan kekuatan ekonomi UMKM. Artinya, sangat bergantung pula kekuatan ekonomi kepada peran pelaku usaha perempuan pungkasnya.(AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.