Gemarikan (Memasyaratkan Makan Ikan) Harus Terus Disosialisasikan

BANDUNG.SJN COM.-Dalam upaya menambah pengetahuan dan informasi tentang manfaat serta kandungan gizi yang terkandung pada ikan, dibutuhkan sosialisasi Gemarikan (Memasyarakatkan Makan Ikan) pada masyarakat terutama menyasar Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Balita Stunting, dan Anak Usia Sekolah.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani yang mempunyai mitra kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinnsi Jawa Barat.

Kegiatan Gemarikan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah guna mendongkrak peningkatan Angka Komsumsi Ikan (AKI) di Jawa Barat.“Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan sehingga berdampak pada meningkatnya tingkat konsumsi ikan. selain itu gemarikan juga bertujuan untuk memotivasi masyarakat menumbuh kembangkan usaha pengolahan ikan,” jelasnya.

” Alhamdulillah saat ini sudah mulai bermunculan industri rumah tangga yang bergerak dalam pengolahan ikan.” imbuh Tia Fitriani

Lebih lanjut, Politisi Perempuan Partai NasDem Tia Fitriani menerangkan kegiatan memasyarakatkan Gemarikan ini bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah daerah dan Forikan saja, tetapi juga tugas seluruh komponen institusi, lembaga dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

Menurut Tia Fitriani , komponen utama dalam penyediaan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif dimulai dari bagian terkecil masyarakat yakni keluarga.

“Pemenuhan gizi yang seimbang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas keluarga, terutama di masa pandemi COVID-19 sekarang ini,” kata Tia Fitriani.

“Makanan yang dikonsumsi oleh anggota keluarga hendaklah yang bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh,” ungkap Tia Fitriani.

Melihat nilai manfaat ikan yang begitu banyak, mendorong untuk dapat meningkatkan konsumsi ikan dengan cara membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak usia sekolah melalui Gemarikan

Guna menarik minat anak usia sekolah agar mengkonsumsi ikan, maka dalam cara pengolahannya harus menarik melalui diversifikasi olahan seperti sosis, baso, nugget dan abon ikan tanpa mengabaikan mutu dan kehigienisannya tandasnya. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.