TNI

Dankodiklatad didampingi Danpussenif Kodiklatad meninjau Koopsgab Pinang Sirih 03 dan Nemangkawi TNI di Timika

TIMIKA.SJN COM.-Kodam XVII/Cen selaku Kogasgab TNI Papua telah menerima Kodal Koopsgab Pinang Sirih 03, Nemangkawi dan Mandala dari Kogabwilhan III terhitung mulai tanggal 10 Mei 2021. Saat ini Kogasgab TNI Papua yang terdiri dari unsur matra darat, laut dan udara tengah melaksanakan tugas operasi pengamanan daerah rawan di Provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia tersebut. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. didampingi oleh Danpussenif Kodiklatad Letjen TNI Arif Rahman, M.A. meninjau Koopsgab Pinang Sirih 03 dan Nemangkawi TNI di Kuala Kencana, Timika. Selasa (12/10/2021)

Pada kegiatan yang bertajuk Dalwasev (Pengendalian, Pengawasan dan Evaluasi) ini kunjungan Dankodiklatad selain untuk melihat langsung kondisi nyata di medan operasi dan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi di lapangan, juga sebagai upaya mencari bahan masukan dan evaluasi yang diperlukan bagi kajian doktrin, pendidikan dan latihan yang ada di lingkungan TNI AD.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Markas Koopsgab Pinang Sirih 03 yang terletak di dalam Mako Yonif R 754/Enk dimana Dankodiklatad beserta rombongan disambut oleh Pangkoopsgab Pinang Sirih 03, Brigjen TNI Susilo, yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Operasi Kas Kostrad. Pangkoopsgab Pinang Sirih 03 lantas memaparkan tugas pokok Koopsgab Pinang Sirih 03 yang didukung oleh perkuatannya melaksanakan pengamanan daerah perbatasan wilayah darat penyangga RI-PNG secara mobile guna mendukung tugas pokok Kogasgab TNI Papua. Selain itu juga beliau juga memaparkan Dislokasi dan Struktur Organisasi Satgas jajaran Koops Pinang Sirih 03 serta beberapa keberhasilan tugas satuannya dalam menghadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sejak bertugas tanggal 10 Januari 2021 hingga saat ini.

Dalam kesempatan ini Dankodiklatad menyampaikan kebahagiaannya bahwa satuan-satuan tugas TNI AD di daerah operasi sudah semakin terstruktur dan secara umum berhasil dalam bidang penugasannya. Beliau lalu menekankan pentingnya penegakan disiplin dalam pelaksanaan tugas di daerah operasi. “Dalam pelaksanaan latihan pun saat ini Kodiklatad sangat menekankan pentingnya disiplin tempur bagi prajurit, hal ini akan sangat bermanfaat ketika prajurit melaksanakan tugas operasi di lapangan” ujarnya. Dankodiklatad pun menambahkan tentang pentingnya pengamanan alat perorangan dan alat komunikasi dalam pelaksanaan tugas operasi. Kegiatan di Markas Koopsgab Pinang Sirih diakhiri dengan kegiatan ishoma dan dilanjutkan perjalanan menuju Mako Koopsgab Nemangkawi TNI.

Tiba di Mako Polres Timika yang merupakan Markas Koopsgab Nemangkawi TNI, Dankodiklatad beserta rombongan disambut oleh Kaops TNI Brigjen TNI Dedi Suryadi yang sehari-hari bertugas sebagai Wadanjen Kopassus. Di tempat ini beliau memaparkan tugas pokok Koopsgab Nemangkawi TNI yang terdiri dari 255 orang Prajurit TNI yang tergabung dengan unsur Kepolisian RI. Dankodiklatad pun melaksanakan diskusi terkait beberapa hal taktis terkait dislokasi KKB dan kendala-kendala yang dihadapi oleh pasukan TNI. Beliau lalu menyampaikan beberapa hal di antaranya tentang manfaat penggunaan media sosial sebagai metode pendekatan kepada masyarakat serta untuk menangkal doktrinasi negatif dari pihak lawan. Dankodiklatad menutup penyampaiannya dengan pesan agar unsur TNI AD yang ada selalu menjaga komunikasi baik dengan anggota, pimpinan, maupun kepada satuan lain yang ada di antaranya, Satgas BIN, Satgas Pinang Sirih 03 dan Satgas Gakkum Polri demi keberhasilan tugas operasi. Tidak lupa beliau mengajak seluruh pejabat yang hadir untuk selalu bekerja dengan hati, profesional dan selalu bersyukur.

Setelah kunjungan ke Koopsgab Nemangkawi TNI, rombongan Dankodiklatad menyempatkan diri berkunjung ke venue terjun payung di halaman Kantor Bupati Mimika untuk memberikan semangat kepada kontingen terjun payung yg sedang berlomba serta melihat pengamanan personel TNI – Polri yg sedang bertugas sebagai panitia penyelenggara maupun tugas pengamanan venue PON XX 2021.

Kegiatan Dankodiklatad akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pos Kotis Pamrahwan Yonif 315/Grd pada tanggal 13 Oktober 2021. Turut hadir dalam kegiatan ini Pangdam XVII/Cen, Kas Kogabwilhan III, Asrena, Asopsahli, Askomlek, Aspotwil dan Aslog Kogabwilhan III.

(Penerangan Kodiklatad)