Jabar Intens Tingkatkan Kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

BANDUNG.SJN COM.-Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Jabar dari tahun ke tahun.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat memberikan arahan dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengumpulan Data, Verifikasi dan Validasi Indikator Indonesia Governance Index (IGI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (6/10/2021).

“Tentu saja tujuan kami adalah untuk terus meningkatkan kualitas dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Setiawan.

“Kalau tadi menyampaikan 2019-2020 bahwa kita berhasil paling tidak dua besar. Inginnya nanti satu besar. Karena tagline kami atau selalu Jabar yang menjadi khas ini adalah Juara Lahir Batin. Jadi LPPD ini kami berharap Jawa Barat ini bisa satu besar untuk tahun 2021 ini,” imbuhnya.

Setiawan pun meminta perangkat daerah memperhatikan sejumlah perubahan dalam LPPD. Pertama, jumlah Indikator Kinerja Kunci (IKK). Kedua adalah mekanisme penginputan yang sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi E-LPPD dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“Oleh karena itu, mohon diperhatikan oleh seluruh perangkat daerah, tolong diperhatikan, dan jangan sampai meleset,” ucapnya.

Selain itu, Sekda menyebut adanya IGI sebagai mitra pihak ketiga yang bersifat netral akan menjadikan tingkat keadilan dalam penilaian menjadi lebih baik.

“Sebagai salah satu lembaga yang netral dalam hal ini. Jadi kami sangat suka sekali, ini sangat senang sekali dan tentu saja kehadiran dari teman teman IGI itu yang membuat bahwa fairness ini tetap harus dijaga,” katanya.

“Jadi, ini adalah salah satu yang membuat dari LPPD ini semakin baik. Karena itu adalah kepercayaan publik cukup baik terhadap IGI ini,” tambahnya. (adm/okk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.