Sektor Perikanan dan Kelautan Dapat Mendorong Pemulihan Ekonomi

BANDUNG.SJN COM .-Salah satu sektor perekonomian yaitu sektor kelautan dan perikanan berperan sangat besar bagi pembangunan di wilayah Indonesia, mengingat luas perairan yang lebih besar dibanding luas daratan dengan potensi perikanan yang sangat banyak dan beragam.Begitu juga dengan Provinsi Jawa Barat yang mempunyai wilayah Perairan memiliki potensi perikanan khususnya perikanan laut yang tersedia sangat melimpah.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani kepada media beberapa waktu.

Lebih jauh Politis Perempuan Partai NasDem memaparkan Kita ketahui bahwa Provinsi Jawa Barat mempunyai 27 Kabupaten/Kota yang mempunyai kontribusi besar unuk meningkatkan dan pembangunan Perekonomian Indonesia karena Provinsi Jawa Barat dengan letak yang sangat strategis dekat dengan Ibu Kota Indonesia.Provinsi Jawa Barat berhaapan dengan dua sisi lautan Jawa pada bagian utara dan Samudra Hindia di bagian selatan dengan panjang pantai sekitar 1000 Km. Berdasarkan letak inilah Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikianan yang sangat besar. Potensi sumber daya perikanan dan kelautan di Jawa Barat cukup besar yang terdiri atas potensi perikanan tangkap dan perikanan budidaya serta bioteknologi kelautan tandasnya.

Pembangunan kelautan dan perikanan merupakan bagian dari pembangunan secara keseluruhan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pembudidaya ikan, nelayan dan pengolah hasil perikanan. Pengembangan potensi kelautan dan perikanan merupakan salah satu bagian penting dari pembangunan ekonomi, khususnya perekonomian regional Provinsi Jawa Barat serta turut serta berperan dalam penanggulangan permasalahan mendasar tersebut karena tersebut karena peranan sektor perikanan saat ini semakin penting dalam peningakatan pendapatan, perbaikan gizi, masyarakat sebagai sumber protein, maupun sebagai devisa negara ungkapnya.

Legislator asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Hj.Tia Fitriani menegaskan untuk mendorong pemantaatan sumber daya alam perikanan dan kelautan secara efektif, efisien dan berkelanjutan, perlu dilakukan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang mengarah pada sasaran-sasaran peningkatan produksi ikan, peningkatan komsumsi ikan, peningatan ekspor hasil peikanan, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan pembudidaya ikan dan nelayan serta peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Potensi perikanan yang sangat tinggi di wiayah Jawa Barat bisa dimanfaatkan sedemikian rupa untuk memberdayak masyarakt dan nelayan untuk mengurangi pengangguran di Provinsi Jawa Barat dengan pemanfaatan hasil tangkapan ikan untuk dijadikan produk khas Jawa Barat yang dijadikan Ikon daripada harus di ekspor dengan harga lebih murah, lebih baik dimanfaatkan dalam jadi supaya ada nilai tambahnya untuk kesejahteraan Nelayan dan Masyarakat ucap Hj. Tia Fitriani.

Pihaknya akan mendorong penuh sektor perikanan dan kelautan untuk menciptakan pemulihan ekonomi dalam masa pandemi ini. Menurutnya sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu sektor yang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi khususnya di Jawa Barat tutupnya,(AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.