Ragam

Gelar Budaya Mapag Layung Jilid 6 Bukit Nangela Wujud Ekspresi Seni Budaya Daerah

TASIKMALAYA.SJN COM,-Gelar Budaya bisa wujud ekspresi seni budaya daerah yang dikemas dengan berbagai kreatif oleh masyarakat  Hal ini diungkapkan Irfan Ramdani selaku ketua penyelenggara sekaligus ketua Karang Taruna Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya minggu malam 03/10/2021.

Gelar Budaya, yang digelar di Kampung 9 salahsatunya di Objek Wisata Bukit Nangela Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya ini merupakan acara yang atraktif dengan nilai budaya yang tinggi , yang mana menjadi sebuah nilai dan gagasan yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat khususnya dikecamatan Kawalu umunnya di Kota Tasikmalaya dan harus didukung bersama, sehingga acara ini mampu mengetengahkan aktualisasi seni dan budaya secara menyeluruh,”terang Irfan Ramdani selaku ketua penyelenggara kegiatan sekaligus merupakan ketua Karang Taruna Kecamatan Kawalu saat di wawancarai SwaraJabar minggu malam 03/10/2021.

Sementara itu Asep supriyadi selaku tokoh masyarakat sekaligus team penggagas mengatakan Keberadaan dan konsistensi nilai seni dan budaya daerah yang dimaksudkan untuk mengangkat harkat, martabat, citra dan jati diri, yang secara keseluruhan harus dicerminkan melalui langkah dan perilaku luhur masyarakat pendukungnya. Sebab harus disadari semua pihak, penghargaan dan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan daerah, merupakan pusaka budaya yang patut dikedepankan, untuk mengetengahkan gerakan sadar budaya, sehingga mampu menjadi jembatan kebanggaan terhadap budaya daerah itu sendiri yang memiliki daya kompetitif tinggi, dalam mengikuti persaingan di era globalisasi sekarang ini,”terangnya.

Asep menambahkan menurutnya sebagai daerah yang mencita-citakan dirinya menjadi daerah tujuan wisata yang handal, maka sudah barang tentu berbagai kepentingan pelaku pembangunan harus dapat dipadukan, termasuk juga masyarakat seni, sehingga mampu memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak. Peristiwa ini menjadi penting manakala segenap lapisan masyarakat, yang dimotori oleh tiga domain pelaku pembangunan, yakni kalangan birokrasi pemerintah, pengusaha dan lembaga sumberdaya masyarakat, mendukung kegiatan ini,”imbuhnya

Kegiatan Gelar Budaya diharapkan juga bisa mengkolaborasikan berbagai potensi daerah yang dimiliki, sehingga ada multiplyer effect, merupakan pengaruh yang meluas yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan yang pada akhirnya akan lebih menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Satu hal yang terpenting dalam gelar Budaya kali ini, kegiatan ini bukanlah kegiatan hura-hura, namun lebih sebagai upaya mewujudkan pembinaan pengembangan seni dan budaya daerah dalam mendukung sektor pariwisata,” pungkas Irfan Ramdani. (Joy)