Sadar Wisata Memberi Dampak Ekonomi Bagi Masyarakat

BANDUNG.SJN COM.-Sadar Wisata istilah yang sering kita dengar dimaksud sebagai partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sadar wisata sangat penting diupayakan di Jawa Barat karena potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat sangatlah tinggi. Jawa Barat terkenal dengan berbagai wisata alam yang popular. Diketahui banyak pantai-pantai, daerah pegunungan ataupun obyek wisata yang ada di Jawa Barat yang menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani.

Lebih jauh Ketua Fraksi NasDem Persatuan Indonesia DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj. Tia Fitriani memaparkan Dengan adanya potensi wisata yang ada di desa-desa, kemudian kita angkat potensinya dan kita manfaatkan akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di daerah.Karena desa wisata ada di daerah, maka dengan potensi wisata yang dimanfaatkan dan dikembangkan dan sadar wisata akan memberikan dampak dan manfaat bagi (ekonomi) Jawa Barat tuturnya.

Politisi Perempuan Partai NasDem asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menegaskan “Saya berharap potensi (wisata) yang ada di desa ini terus dipelihara, dikembangkan, dan kalau perlu fasilitas-fasilitas ditambah. Untuk pembangunan sadar wisata yang ada di desa-desa harus memperhatikan akses jalan, sarana parkir, tempat ibadah, atau berupa kedai-kedai,” tandasnya.

Perhatian tidak hanya dari pemerintah. Masyarakat pun perlu ikut terlibat aktif secara langsung untuk mendorong pengembangan potensi wisata dan lahirnya desa-desa wisata di Jabar.Saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sedang gencar mempromosikan potensi Jawa Barat baik potensi sumber daya alam laut, perikanan, dan yang lainnya termasuk di dalamnya potensi wisata yang ada di desa-desa ujarnya.

Keberadaan Kelompok Sadar Wisata atau yang lazim disingkat Pokdarwis merupakan kelompok masyarakat yang bertugas menjaga dan mengembangkan wisata. Pada pembentukannya, Pokdarwis tidak lepas dari aturan yang dibuat oleh pemerintah. Artinya dari sini dapat dilihat bahwa keberadaan Pokdarwis memiliki dasar hukum yang kuat.

Saat ini, DPRD Provinsi Jawa Barat tengah menggodok Rapeda Tentang Desa Wisata mendorong kemajuan Desa Wisata serta meningkatkan Perekonomian masyarakat pungkasnya. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.