Antisipasi banjir dikala hujan Lebat, Anggota Koramil 1102/Krp Bersama Warga Desa Situsaeur Bersihkan Selokan.

GARUT.SJN COM.-Dengan tidak menentunya musim dijaman sekarang ini, menguji kita untuk terus waspada akan adanya hal yang tidak diinginkan seperti bancana banjir dan tanah longsor dikala datang hujan deras.

Sadar akan hal itu Kades Situsaeur bersama Warga dari 11 RW dibantu oleh anggota Babinsa dari Koramil 1102/Krp bersihkan selokan yang rawan banjir dikala hujan deras.

Dalam kegiatan Karya bakti tersebut selain Kades Situsaeur, hadir juga Danramil 1102/Krp beserta anggota, BPD, Kader, pendamping Desa, RT dan RW berserta warga Desa Situsaeur lainnya.

Kades Situsaeur, Agus Mulyadi mengatakan kepada Swara Jabbar bahwa selokan ini yang mempunyai panjang kurang lebih 2 KM sering banjir dikala hujan deras.

“Selokan ini yang dikenal warga bernama selokan ibu emeh meliwati beberapa Kampung di Desa Situsaeur, tetapi selokan tersebut sering membuat kita waspada disaat hujan deras datang karena sering banjir,” ucap nya, Sabtu (02/10/2021).

Banjir yang disebabkan oleh banyaknya sampah yang menyumbat arus air selokan dikala hujan sehingga banjir pun terjadi.

Sesuai ucapkan Kades Situsaeur bahwa penyebab banjir adalah sampah.

“Penyebab banjir adalah sampah yang dibuang warga ke solokan, kami menyadari belum sepenuhnya warga peduli akan lingkungan, tetapi kami pun tidak akan lelah terus mengingatkan warga untuk membuang sampah pada tempatnya, dan kami dari pemerintahan Desa bersama warga Desa Situsaeur tidak akan lelah melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan,” Jelasnya.

Kades Situsaeur berharap agar warga lebih peduli akan lingkungan dan terus menjaga kebersihan lingkungannya.

“Kami mewakili seluruh warga Desa Situsaeur mengucapkan terima kasih kepada Danramil 1102/Krp berserta anggotanya karena sudah membantu kami membersihkan selokan ibu Emeh ini, selain itu kami juga berharap agar seluruh warga lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungannya, dan membiasakan membuang sampah pada tempat,” pungkasnya.

Dalam informasi yang Swara Jabbar himpum, karena selokan tersebut melintasi dua Desa lainnya, jadi selain warga setempat ada juga warga diluar Desa Situsaeur yang secara sengaja membuang sampah ke solokan pungkas, (Sumpena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.