Ragam

Darda Padili Sambut Baik Peresmian Penanaman Tanaman Porang.

GARUT.SJN COM.-Tanaman porang adalah tanaman umbi-umbian dan masuk dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume. Porang mengandung banyak glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman.

Porang atau iles-iles atau gaceng yang dalam bahasa latinnya disebut Amorphopallus oncophillus, tanaman yang biasa tumbuh liar di Indonesia, di hutan, kebun-kebun, lereng-lereng gunung dan porang sangat baik ditanam di atas tanah pada ketinggian 1 sampai 700 meter di atas permukaan laut.

Kini tanaman porang mulai diperkenalkan kembali ke masyarakat, seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Karangpawitan.

Dalam penanaman porang tersebut Darda Padili selaku Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut sangat menyambut baik.

Menurut Darda yang sekaligus menjabat sebagai PK Golkar Kecamatan Karangpawitan, berbagai bentuk kegiatan yang bisa menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian warga dirinya sangat mendukung.

“Kita sadari bersama bahwa imbas dari pandemi covid-19 bagi perekonomian rakyat sangat terasa dampaknya, dimana masyarakat banyak yang berkurangan sumber penghasilan bahkan ada juga yang hilang sumber penghasilannya,” ucap Darda, Minggu (12/09/2021).

Darda bersyukur sekarang dengan menurunnya level penyebaran covid dikabupaten Garut kini perekonomian masyarakat mulai merangkak naik.

“Kita harus sadari juga bahwa perhatian pemerintah pusat maupun daerah sangatlah luar biasa dimana berbagai bantuan tunai maupun non tunai digelontorkan ke masyarakat dimana semua itu bermaksud untuk mengurangi dampak dari penyebaran covid-19, tentu saja kita juga selaku warga negara yang baik jangan terlalu tergantung oleh bantuan, kita harus berusaha bangkit dari keterpurukan, karena saya yakin disetiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya,” ungkap Darda.

Mengenai porang sendiri, Darda menyambut baik dengan adanya sosialisasi porang ini.

“Dengan pangsa pasar porang saat ini yang sangat bagus, selain itu penanaman dan pemeliharaan nya pun tidak ribet karena sejatinya tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan atau dikebun-kebun jadi saya kira para petani bisa mulai membudidayakan tanaman porang, dan kami juga berharap dengan adanya porang ini perekonomian masyarakat khususnya para petani bisa semakin meninggat,” pungkasnya.

Informasi yang Swara Jabbar himpun, porang memiliki kandungan zat glukomanan yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk mengontrol berat badan, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes, dan sebagai prebiotik.

Selain itu porang sendiri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, masker dan lainnya.

Jadi, budidaya tanaman porang sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.(Sumpena/Asep)