Ragam

Para Pemuda-Pemudi Kampung Panyingkiran Gelar Khitanan Masal.

GARUT.SJN COM.-Ditengah kesulitan ekonomi akibat Pandemi Covid-19, pemerintahan Desa Situsaeur bersama para pemuda-pemudi Kampung Panyingkiran mengadakan acara “Khitanan Masal Gratis dan Pemberian Bingkisan”. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1443 H.

Kegiatan khitanan massal tersebut dilaksanakan dihalaman masjid Al-Hasbi kampung Panyingkiran RT 01 RW 09, desa Situsaeur, kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat, Minggu (05/09/2021).

Kepala Desa Situsaeur, Agus Mulyadi mengatakan, dirinya sangat mendukung sekali terkait program amal Khitanan Masal gratis ini.

“Alhamdulillah khitanan ini merupakan agenda rutin tahunan yang kini memasuki ke 27, untuk saat ini acara khitanan massal diikuti oleh sepuluh peserta,” katanya.

Agus berharap dengan adanya program tahunan ini, setidaknya dapat membantu dalam meringankan beban warganya.

“Kita menyadari bahwa ditengah pandemi covid-19 ini perekonomian warga melemah, oleh karena itu aparatur Desa Situsaeur bekerja sama dengan pemuda-pemudi Kampung Panyingkiran mengadakan kegiatan khitanan massal. Maksud dan tujuannya tak lain yakni sekedar ingin membantu meringankan beban para orang tua yang mempunyai anak laki-laki yang belum dikhitan,” ujarnya.

Acara khitanan masal ini pun mendapat apresiasi dan dukungan dari ASK Foundation, sesuai yang dikatakan direktur ASK Foundation, Dr.H. Nandang Burhanudin.Lc. M. Si, bahwa dirinya sangat mendukung baksos khitanan masal ini.

“Saya dan kang Indra salah seorang pengusaha muda di Kabupaten Garut berfikir apa yang bisa kita berikan, yang bisa membahagiakan masyarakat disaat pandemi ini, salah satunya dengan mendukung acara khitanan masal ini dan tebar mashab Al’Quran ke masjid dan musollah di kabupaten Garut,” ucapnya.

Dalam pantauan Swara Jabbar, pada kegiatan khitanan massal tersebut, selain Kades Situsaeur Agus Mulyari, hadir pula Sekdes Situsaeur Ade Lukman, Babinsa 1102/krp Serda Asep Saepurohman, BPD, LPM, para Kadus, RT/RW dan tamu kehormatan Direktur ASK Foundation Dr.H. Nandang Burhanudin.Lc.M.Si, PK Golkar Kecamatan Karangpawitan Moh Darda Padili dan AKBP.Drs.Ade Najmulah beserta tamu undangan lainnya.

Acara khitanan masal pun diwarnai oleh penyerahan simbolis mashab Al’Quran dari Direktur ASK Foundation kepada Kades Situsaeur.

Usai dikhitan gratis, para peserta khitanan masal pun mendapat bingkisan dan uang saku dari panitia Khitan, selain itu para peserta khitanan massal juga mendapatkan fasilitas antar jemput dengan menggunakan mobil Ambulance Desa Situsaeur.

Menurut informasi yang didapat dari pihak panitia khitanan massal, sumber dana yang dipergunakan untuk acara khitanan masal hasil swadaya warga Desa Situsaeur yang terkumpul, khususnya dana hasil penjualan produk dari para pemuda-pemudi warga kampung Panyingkiran.

Selain kegiatan khitanan massal, pada senin malam akan diadakan pula tablig Akbar dengan penceramah Ustazah Hj.Aah Muhibah Noor.(Sumpena/Asep)