Ragam

Hj Entin Terpilih Menjadi Ketua Ranting Padepokan Kandang Wesi Macan Lugai Kampung Bojot.

GARUT.SJN COM.-Abah Irin sebagai Guru besar sekaligus pendiri Padepokan Pencak Silat kandang wesi macan lugai yang berpusat di Kampung Cidadap, Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, meresmikan ranting Padepokan kandang wesi macan lugai Kampung Bojot.

Hj. Entin yang mendapat amanat dari Abah Irin untuk memimpin Ranting Padepokan pencak silat kandang wesi macan lugai kampung Bojot, Desa Situsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Hj. Entin sendiri masih aktif menjabat sebagai kepala sekolah SDN 1 Situjaya merangkap PLT SDN 3 Situjaya.

Dalam keterangan kepada Swara Jabbar, Hj Entin mengatakan bahwa dirinya sempat kaget atas terpilihnya menjadi ketua ranting. Sabtu (04/09/2021).

Hj. Entin menuturkan bahwa pada awalnya dirinya melihat anak-anak belajar silat ditempat yang kecil termasuk ada anak didiknya yang ikut belajar silat, atas inisiatif dirinya dan merasa bangga akan seni budaya peninggalan leluhur, Hj Entin pun mempersilahkan anak-anak belajat silat di halaman rumahnya.

Dari kedulian itu dan darah seni yang kental mengalir di dirinya, Hj. Entin pun terpilih menjadi ketua ranting padepokan pencak silat kandang wesi macan lugai Kampung Bojot.

Hj. Entin pun bertekad akan melaksanakan amanah barunya dengan penuh tanggung jawab dan Hj. Entin pun mengajak seluruh anggota nya untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan padepokan pencak silat kandang wesi macan lugai.

Informasi yang Swara Jabbar himpun, Pencak Silat ialah salah satu seni beladiri asli Indonesia, dimana seni pencak silat salah satu warisan budaya dari para leluhur, selain seni bela diri, pencak silat pun mempunyai ciri khas, khususnya di tanah pasundan (Jawa Barat) yaitu adanya ibingan, dimana perpaduan kendang pencak dan tarompet pencak menjadi media musik sebagai pengiring ibingan, perpaduan dua jenis musik tersebut berpadu dengan keindahan gerakan ibingan pencak silat membuat seni pencak silat menjadi pembeda dengan seni bela diri dari negara lain.

Dalam acara peresmian tersebut ikut dihadiri oleh pimpinan sekaligus Guru besar padepokan pencak silat kandang wesi macan lugai pusat, Kades Situsari, perwakilan padepokan pencak silat Gajah Putih, perwakilan pencak silat Panglipur dan padepokan silat serta tamu undangan lainnya. (Sumpena)