TNI

Komandan Kodiklatad Tinjau Pelaksanaan Latma Garuda Shield-15/2021 di Pusat Latihan Tempur Darat Kodam VI/Mlw

AMBORAWANG.SJN COM.-Latma Garuda Shield-15/2021 telah berjalan selama 6 hari sejak resmi dibuka oleh Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. sebagai Komandan Latihan Garuda Shield-15/2021 di tiga daerah latihan di Indonesia meninjau pelaksanaaan Latma di Pusat Latihan Tempur Darat Kodam VI/Mlw.
Senin (9/8/2021)

Latihan Bersama Garuda Shield-15/2021 yang dilaksanakan di wilayah Amborawang, Kalimantan Timur menitikberatkan pada pelaksanaan operasi pendaratan pantai (beach landing) yang dilaksanakan di pantai Tanah Merah Amborawang. Pelaku latihan TNI AD yang terdiri dari 120 personel Batalyon Raider 600/Modang bersama-sama dengan 86 prajurit US Army dari 25th Infantry Division sebelumnya bertolak dari pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan dua unit Landing Craft Utility (LCU) milik TNI AD dan US Army menuju wilayah perairan pantai tanah merah. Selanjutnya para pelaku latihan menggunakan perahu LCR untuk menuju bibir pantai dan melaksanakan operasi serangan taktis selama 5 hari secara bertahap guna menghancurkan dan merebut kedudukan musuh di ketinggian.

Setelah menyaksikan langsung tahap serangan dari titik tinjau, Komandan Kodiklatad yang didampingi oleh Irjenad Letjen TNI Benny Susianto (selaku peninjau Latma dari Mabesad), Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Heri Wiranto dan Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Kasuri (peninjau Latma dari Kodiklatad) serta Kapok Sahli Pangdam VI/Mlw Brigjen TNI Erwin Herviana Suherman memberikan pengarahan kepada segenap pelaku dan pendukung Latma Garuda Shield-15/2021 di Lapangan Mako Pusat Latihan Tempur Darat Kodam VI/Mlw. Diawali dengan salam hormat dari Kasad lanjut ucapan terimakasih kepada para pelaku latihan yang telah menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi, Komandan Latihan mengingatkan agar para pelaku latihan tetap menjaga kesehatan dan motivasi karena rangkaian pelaksanaan latihan belum usai. “Setelah ini akan dilaksanakan latihan menembak senjata kelompok dan perorangan dan juga culture day & sport day, tetap jaga faktor keamanan”, tegasnya.

Latma Garuda Shield-15/2021 menjadi latihan bersama terbesar sepanjang sejarah hubungan bilateral TNI AD dan US Army dengan melibatkan 2.077 personel TNI AD dan 1.549 personel US Army di tiga daerah latihan yaitu Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Amborawang Balikpapan dan Makalisung Manado. Kunjungan Dankodiklatad diakhiri dengan ucapan selamat kepada perwakilan pelaku latihan. Selanjutnya Dankodiklatad akan meninjau pelaksanaan Latma Garuda Shield di Makalisung, Manado.

(Penerangan Kodiklatad)