Bantuan Pemerintah Sangat Dibutuhkan Peternak Ikan Lele

BANDUNG.SJN COM.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Fraksi PDI Perjuangan Elin Suharliah melaksanakan kegiataan Reses III Tahun Sidang Tahun 2020-2021 di Kp. Mekarwangi Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.Kamis (5/8/2021)

Politisi Perempuan PDI Perjuangan menilai budi daya ikan lele bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang menjanjikan dimasa pandemi Covid-19. Selain menguntungkan bagi peternak, budidaya ikan lele bisa membantu meningkatkan ketahanan pangan.

Ia berjanji akan membantu mengembangkan usaha para peternak lele. Salah satunya dengan bantuan modal dari dana hibah pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Pada kesempatan ini saya memberikan peluang bagi kelompok ini barangkali nanti bisa mengajukan hibah kepada Gubernur sesuai dengan slot yang ada, yaitu untuk pengembangan ikan lele maupun ikan nila,” kata Elin saat menjaring aspirasi

Menurutnya, masyarakat yang tergabung dalam kelompok ternak tersebut memiliki antusias yang tinggi dalam kegiatan budi daya ikan. Akan tetapi, mereka masih kesulitan dalam pengembangan kolam bibit.

“Para pembudidaya ini juga kesulitan dalam mendapatkan bibit ikan serta harga pakan yang saat ini dirasakan cukup mahal,” tuturnya.

Lebih lanjut, Elin menjelaskan, budi daya ikan lele dinilai cukup menjanjikan di masa pandemi Covid-19, mengingat komoditi lele termasuk ikan dengan pemeliharaan yang cukup sederhana. Selain itu, ikan lele yang mengandung protein cukup tinggi itu memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta jarang terserang penyakit.

Oleh karena itu, ia menyarankan kepada kelompok ternak tersebut untuk mengajukan hibah secara daring. Sehingga, diharapkan berbagai persoalan yang dihadapi dapat terselesaikan.
“Mudah-mudahan saya selaku anggota DPRD Jabar bisa mengawal agar bantuan ini bisa terealisasi menjadi APBD,” tandasnya. (die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.