Apresiasi Pengembangan Usaha Sektor Peternakan

BANDUNG.SJN COM.-Saat ini, telah ada upaya konkrit dari Pemerintah Provinsi Jabar dalam memperkuat pengembangan pangan di Jabar.

Saat ini, melalui program petani milineal, telah dikembangkan budidaya burung puyuh.

Program itu, layak diberikan apresiasi karena program itu merupakan program inovssi untuk menggali sumber-sumber pangan baru yang bersumber dari potensi peternakan.

Hal ini, diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Heri menuturkan dari laporan yang diterima usaha budidaya burung puyuh, dari sisi teknis dinilai sudah ada persiapan yang matang.

Hal ini, ditunjukkan dengan adanya dukungan permodalan untuk pelaku usaha melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR), teknologi yang digunakan, teknik pengolahan pemasaran serta fasilitas bibit, pakan dan obat.

Dengan seluruh dukungan ini, dari sisi kebutuhan pangan, dapat meningkatkan konsumsi pangan untuk jenis protein yang di tahun 2020, baru mencapai 64,9 gr/kap/hari.

Selanjutnya, jelas Heri dengan inovasi baru budidaya burung puyuh diharapkan dapat mendukung program cetak biru sektor peternakan , terutama untuk merespon target jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan pangan di masa yang akan datang serta membuka lapangan usaha di sektor peternakan.

Budidaya burung puyuh, diharapkan dapat menambah diversifikasi kebutuhan sumber pangan, terutama bersumber dari jenis perunggasan.

Pengembangan budidaya burung unggas, dari sisi teknis yang pada tahap awal ada seleksi bagi peserta serta bagi yang lolos mendapatkan pelatihan, tahapan ini telah memberikan harapan, budidaya burung puyuh bisa berjalan sukses, karena SDM sudah disiapkan secara matang.

Jika budidaya ini sukses, diantaranya produktivitas dan produksi bisa berkembang sesuai target, sisi pemasaran bisa terbuka luas.

Burung puyuh, sebagai sumber pangan, diharapkan sisi pemasaran bisa terbuka tak hanya untuk kebutuhan Jabar saja, tetapi juga bisa dipasarkan ke daerah luar Jabar.

Jika budidaya burung puyuh sukses, dukungan permodalan , ujar Heri harapannya bisa bertambah. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.