Herry Ukasah Sulaeman : Momentum Idul Adha Harapan Kesra Peternak Meningkat

BANDUNG.SJN COM.-Hari besar Keagamaan yang rutin diperingati setiap tahun oleh umat Islam yaitu Idul Adha , dalam beberapa hari ke depan akan dilaksanakan.

Kegiatan itu, salah satunya ditandai dengan penyembelihan Hewan Qurban.

berdasarkan aporan yang diterima dari pihak DKPP Jabar, untuk Idul Adha tahun ini, diprediksi akan ada kenaikan permintaan hewan qurban, dengan besaran mencapai 2,7 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Berkenaan dengan Fasilitasi hewan qurban, seluruh hewan qurban yang meliputi sapi , kerbau , sapi dan domba, disiapkan dari peternak dari Jabar.

Jika stok dari peternak Jabar masih kurang, pasokan hewan qurban, akan didatangkan dari Provinsi luar Jabar diantaranya NTB dan Jatim.

Berkenaan dengan hal itu, melalui Idul Adha ini, diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesra di kalangan peternak.

Hal ini, diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Heri, dalam penjelasannya mengatakan melalui momentum Idul Adha, yang ditandai dengan pembagian daging kurban yang bersumber dari hewan qurban yang dipelihara dan dikelola oleh peternak asal Jabar, diharapkan produk hewan yang nanti disebar kepada masyarakat merupakan produk hewan yang memenuhi standar mutu yang menjamin hadirnya kesehatan masyarakat yang diperoleh dari makanan bergizi yang bersumber dari protein yang berasal dari produk hewan.

Dalam suasana Pandemi Covid 19 yang masih merebak, tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat secara luas.

Heri, dalam penjelasannya memaparkan dalam menyambut Idul Adha, untuk aparat DKPP serta Dinas Peternakan di Kabupaten/Kota se-Jabar diharapkan dapat mengoptimalkan pengawasan terhadap hewan ternak yang dikelola oleh peternak.

Melalui optimalisasi pengawasan ini, hewan ternak aman dari penyakit menular yang kerap melanda hewan ternak.

Merujuk kepada laporan yang diterima pihak DKPP Jabar sambung Heri , untuk memenuhi kebutuhan tambahan permintaan hewan qurban, tambahan dari Provinsi lain disiapkan masing-masing 78.303 ekor sapi, kerbau sebanyak 133.033 ekor serta domba dan kambing sebanyak 49.176 ekor.

Untuk perbaikan ke depan, penambahan hewan ternak dari Provinsi lain, dalam rangka membangun kemandirian pangan secara bertahap dapat dikurangi

Solusi untuk mengurangi ketergantungan penggunaan hewan qurban dari Provinsi lain, program penguatan produksi hewan harus dimaksimalkan.

Demikian pula program pembibitan ternak dari seluruh hewan ternak, dari jumlahnya harus ditambah.

Dukungan sarana yaitu pakan yang berkualitas juga harus ditambah.

Dukungan untuk pengembangan program itu, salah satu faktor penentunya ada di ketersediaan anggaran yang proporsional.

Dukungan penambahan anggaran untuk sektor peternakan merupakan salah satu dukungan penambahan anggaran di sektor perekonomian yang hingga saat ini dalam APBD Provinsi Jabar masih minim.

Heri , dalam bagian akhir penjelasannya mengatakan oleh karenanya dalam penyusunan anggaran di tahun yang akan datang, APBD Provinsi Jabar harus memfokuskan perbanikn sektor perekonomian, agar pelaku usaha, peternak, petani dan nelayan bisa sejahtera (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.