Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Menuju Kampung Hijau Ramah Anak Desa Cikole Lembang

BANDUNG.SJN COM.-Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Menuju Kampung Hijau Ramah Anak Desa Cikole, Lembang, Jawa Barat

Dilaksanakan Pengabdian pada Masyarakat Prodi Psikologi UPI di Desa Cikole, Lembang, pada Sabtu, 10 Juli 2021 jam ,13.00-16.00 wib dengan tema Sosialisasi Kampung Hijau Ramah Anak secara daring melalui platform zoom meeting
Peserta sosialisasi berjumlah 20 org merupakan warga Rt 06 & Rt 07 RW O6 Desa Cikole, Lembang

Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB, dibuka oleh Kaprodi Psikologi UPI, Dr Sri Maslihah, M.Psi. Dalam sambutan pembukaan acara ini disampaikan maksud & tujuan acara ini yg merupakan program lanjutan dalam rangka mewujudkan kampung ramah anak yang sudah dimulai kan pada tahun 2020.

Acara inti sosialisasi dibagi menjadi tiga materi.

Pematerian pertama diisi oleh Bapak H. Agus Gunadi Ismail, S. T. , Ketua RW 09 Cigending, Ujung Berung, Kota Bandung. Beliau adalah penerima penghargaan Ketua RW terbaik di Kota Bandung. Materi yang disampaikan terkait pengeolaan RW secara mandiri dengan memaparkan kilas balik apa saja yang sudah terjadi di RW 09 Cigending. Filosofis dari RW 09 Cigending mandiri adalah oleh warga-dari warga-untuk warga, karena itu salah satu kebijakan yang dibuat adalah kencleng kewilayahan, yang dari kencleng tersebut digunakan untuk program kerja pengadaan beras barokah untuk warga, pembuatan mural kampung tematik, dan bebenah lembur session dengan mengadakan aktivasi lubang biopori juga pilah sampah dari rumah yang berhadiah doorprize bagi warga yang melakukannya dengan baik.

Pematerian kedua diisi oleh Bapak Moch. Yayan Soffian, instruktur KANGPISMAN(Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) dan budidaya maggot dan organik dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung. Materi yang disampaikan tentang pengeolaan sampah, bagaimana penanganan dan pengeolaan sampah organik maupun anorganik menjadi hal yang dapat bermanfaat kembali untuk menciptakan lingkungan yang baik dan sehat.

Pematerian ketiga, yang juga adalah pematerian terakhir, diisi oleh Kaprodi Psikologi UPI, Ibu Dr. Sri Maslihah, M. Psi,. Psikolog dengan penyampaian materi “Kampung Hijau dalam Kerangka Kampung Ramah Anak”. Pada sesi ini mengingat kembali tujuan awal Prodi Psikologi melakukan Program Pengabdian Masyarakat di RW 06 Desa Cikole.

Ketua RW 06 Desa Cikole cukup antusias dengan program sosialisasi dengan penyampaian pertanyaan pada setiap sesi pertanyaan di setiap pematerian. Tindak lanjut dari sosialisasi ini adalah akan dilakukannya praktek pelaksanaan konsep kampung hijau di rt 06 & Rt 07 RW 06 Desa Cikole, Lembang , yg tentunya dengan mempertimbangkan perkembangan situasi pandemik.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.