Regional

Cara Kades Cimurah Berikan Peluang Warganya Untuk Penuhi Kebutuhan Hidup Dimasa Pandemi covid-19.

GARUT.SJN COM.-Pandemi covid-19 semakin menjadi, dengan angka penyebaran covid-19 yang meroket memaksa pemerintah pusat ambil tindakan cepat dengan memberlakukan PPKM dalurat di Jawa dan Bali.

Seperti kita ketahui bahwa dengan adanya pandemi covid-19 banyak masyarakat yang terkena imbasnya, terutama disegi ekonomi.

Melihat situasi seperti itu Kades Cimurah memberi solusi agar warganya bisa memiliki penghasilan tambahan dengan cara memberikan pekerjaan dalam pembangunan TPT.

Pembangunan TPT yang berlokasi di Kampung Kertamanah RW09, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut yang bersumber dari dana IP dikerjakan secara swakelola.

“Dalam status masih pandemi Covid-19, dimana banyak warga kami yang mengalami kesulitan ekonomi akibat terkena imbas dari covid-19, maka kami dari pemerintahan Desa Cimurah berusaha membantu warga kami untuk memilik penghasilan tambahan dengan melaksanakan pengerjaan TPT secara swakelola,” ucap Kades Cimurah, Asep Kamaludin kepada Kabiro Fakta dan Realita disela aktifitasnya monitoring pelaksanaan pengerjaan TPT. Selasa (06/07/2021).

Asep menambahkan bahwa pengerjaan TPT dikerjakan secara bergantian dengan waktu tertentu.

“Jadi dalam pengerjaan TPT yang dikerjakan 15 orang, kita gilir pengerjaannya perlima hati, jadi misal lima hari pertama dikerjakan oleh warga RT01 maka lima hari berikutnya dikerjakan oleh warga RW02 tentu syaratnya tiap pengerjaan harus ada tenaga ahlinya agar pengerjaan TPT tetap terlaksana dengan kwalitas yang bagus,” tambahnya.

Dalam pantauan Fakta dan Realita pengerjaan TPT di Kampung Kertamanah yang memiliki Panjang 85m, Lebar 0.4m dan Tinggi 1.85m dengan memakan anggaran sebesar Rp57.550.000 yang bersumber dari IP dikerjakan dengan cara swakelola.(Sumpena)