Pendidikan

Mahasiswa Unpam Gelar PKM tentang Cara Atasi Windows Error

DEPOK.SJN COM.-Sejumlah mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) sedang menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di Aula Karang Taruna Reni Jaya Pamulang.

Dalam kegiatan tersebut, kelompok mahasiswa yang didampingi langsung oleh dosen Unpam, Lis Istiqomah itu mengajarkan kepada peserta tentang sistem operasi komputer khususnya Windows.

“Selain itu, juga dilanjutkan dengan penyampaian tentang tata cara Instal Ulang Windows tanpa menghapus data agar efektif dan menyenangkan,” kata Ahmad Rizki Hidayat selaku narasumber, Selasa (29/6).

Dikatakan Rizki, kegiatan yang mayoritas dihadiri pemuda Karang Taruna (Katar) itu diawali dengan materi-materi dasar seperti Dasar-dasar Komputer, Hardware, Software, Sistem Operasi Dan Instal ulang Windows.

“Alhamdulillah, peserta sangat antusias selama kegiatan berlangsung. Dari mereka, ada beberapa peserta yang lumayan kritis mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar dunia komputer,” paparnya.

Senada dengan itu, Lis Istiqomah selaku pendamping mahasiswa PKM mengatakan, kegiatan yang dilakukan anak asuhnya itu bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pengoperasian komputer.

“Meskipun materi yang diajarkan masih tergolong dasar, namun ilmu yang dibagikan oleh anak-anak mahasiswa ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” urainya.

Ia melanjutkan, materi yang diajarkan dalam PKM kali ini sangat relevan dengan kondisi kekinian yang ditandai dengan era masyarakat informatif.

“Pada era masyarakat informatif, semua jenis informasi memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat. Sementara, kita tahu bersama bahwa komputer merupakan media sentral seluruh lalu lintas informasi yang berkembang dewasa ini. Untuk itu, menjadi penting dan relevan untuk diajarkan kepada generasi muda masa kini,” terangnya.

Sementara itu, Renaldi Ardiansyah yang merupakan salah satu peserta mengaku kegiatan yang diikutinya itu sangat bermanfaat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sangat bermanfaat, apalagi materi yang diajarkan sangat relevan dengan pengalaman saya. Sering sekali masalah windows error dijumpai saat mengoperasikan laptop. Namun, dari apa yang diajarkan pemateri semua masalah itu akhirnya terjelaskan semua, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya,” tutur Renaldi.

Terakhir, Ketua PKM Arif fajar fadillah mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut agar para peserta mampu mengatasi masalah ketika system windows mengalami error atau ingin Upgrade Windows yang baru.

“Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana memahami cara perawatan dan perbaikan software atau sistem operasi komputer serta cara melakukan install ulang windows sendiri tanpa harus membawa ke tukang service dan mengeluarkan biaya lebih banyak,” terangnya.

Lanjut dia, kegiatan PKM berjalan seru dan menarik. Acara ditutup dengan foto bersama sekaligus pembagian plakat dan sertifikat bagi para peserta.

“Harapannya semoga para peserta dapat memahami materi yang disampaikan mulai dari tatacara, pelatihan dan kegiatan yang telah dilakukan secara bersama-sama, agar dapat dimanfaatkan di lain waktu saat dibutuhkan,” pungkasnya. (hrs)