TNI

Pangdam III/Slw, Beri Penghargaan Bagi Warga Masyarakat Jawa Barat dan Banten Dihari Jadinya

BANDUNG.SJN COM.-Tanggal 20 Mei 2021 merupakan hari yang bersejarah bagi Kodam III/Siliwangi, tepat pada 20 Mei 1946 atau 75 tahun silam, Kodam III/Siliwangi lahir untuk mengawal dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, pada acara syukuran Hari Ulang Tahun Kodam III/Slw, di Ruang Silihwangi Makodam III/Slw Jalan Aceh No. 69. Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/5/2021).

Selain Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, turut hadir Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat dan Kabalak Jajaran Kodam III/ Slw, serta Ketua Persit KCK PD III/Slw dan Pengurus Persit KCK Daerah III/Slw, juga para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Kodam III/Slw.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw menjelaskan, bahwa kelahiran Kodam III/Siliwangi dimasa itu dikenal dengan nama Divisi Siliwangi. Keberadaan Devisi Siliwangi menjadi salah satu kekuatan awal satuan ketentaraan yang ada di jajaran TNI dan pasukan Siliwangi selalu terlibat dan hadir dalam berbagai kancah perjuangan Bangsa dan Negara, untuk mempertahankan proklamasi kemerdekaan, maupun dalam menjaga kedaulatan Negara di seluruh wilayah NKRI.

“Pengabdian personel Kodam III/Slw sebagai satuan yang legendaris dan disegani, baik oleh kawan maupun lawan. Selain itu, Siliwangi mampu melahirkan beberapa strategi tempur, doktrin, konsep kemanunggalan dan pembinaan teritorial hingga saat ini menjadi acuan diterapkan di lingkungan TNI Angkatan Darat,” bebernya.

Pangdam juga mengakui kesemuanya itu adalah warisan terbesar dari para pendahulu kita bersama dengan rakyat Jawa Barat dan Banten yang harus di “Mumule”, (dipelihara) dijaga, dirawat dan terus dibumikan dari generasi ke generasi, sehingga kebesaran dan kejayaan Siliwangi terus tersambung sepanjang masa.

“Untuk itu, siapapun yang menjadi Prajurit Siliwangi harus mampu memberikan prestasi terbaik yang gemilang untuk satuan serta rakyat Jawa Barat dan Banten, dan keberhasilan yang sudah diraih perlu kita pertahankan serta tingkatkan,” pesannya.

Dalam acara syukuran hari jadi ke-75 Kodam III/Siliwangi tahun 2021, Pangdam berharap, dihari jadi ini harus menjadi sumber inspirasi dan motivasi serta membangun sence of belonging (rasa memiliki) terhadap satuan sebagai tempat berkarya dan mengabdi sekaligus menanamkan semangat untuk selalu berusaha memberikan pengabdian terbaik bagi satuan, dimanapun berada dan bertugas.

Kendati itu, Pangdam III/Slw mengucapkan terimakasihnya dan pengharggaan kepada seluruh warga masyarakat Jawa Barat dan Banten, Sekeseler Siliwangi serta semua Instansi pemerintahan serta semua pihak yang telah mendukung dan bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi. Karena menurutnya, tanpa kerja sama dan dukungan elemen masyarakat yang ada di Jawa Barat dan Banten, Kodam III/Siliwangi tidak bisa berbuat banyak untuk melaksanakan tugas pokoknya.

Dirgahayu Kodam III/Siliwangi. Esa Hilang Dua Terbilang. Dirgahayu Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi).