Hj.Tia Fitriani : Tempat Obyek Wisata Wajib Terapkan Prokes

BANDUNG.SWARAWANITA NET.-Tempat obyek wisata yang tersebar di Kabupaten Bandung saat libur Hari Raya Idul Fitri ! syawal 1442 banyak di serbu oleh wisatawan lokal dari berbagai kota meskipun adanya larangan mudik.Sebetulnya untuk menekan penyebaran covid-19 obyek wisata sebelum siap menerapakn protokol kesehatan sebaiknya tidak dibuka dulu, karena saya melihat langsung mereka tidak menerapkan protokol kesehatan untuk pengunjungnya ini yang dikawatirkan jangan sampai pengunjung menumpuk di obyek wisata, terkecuali obyek wisata itu betul-betul mereka menggunakan daya tampung itu setengahnya atau sepermpatnya bagi pengunjungnya, sistem buka tutup mungkin ini bisa dikendalikan lonjakan pengunjung, bukannya tidak boleh buka obyek wisata tetapi harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta daya tampung juga harus diperhatikan serta diatur waktu kunjungan wisatawannya serta buka tutupnya pengunjug yang datang tidak menimbulkan kerumunan yang besar, menjaga jarak.

Kalau belum siap terapkan protokol kesehatan sebaiknya ditutup saja obyek wisatanya dan mungkin juga pemerintah setempat memonitor keberadaan obyek wisata trsebut.

Pengelola wisata dan pengunjung harus bertanggung jawab serta disiplin menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata. Langkah tersebut sebagai bagian upaya mewujudkan kepariwisataan aman di tengah pandemi Covid-19.

“Pengelola tempat wisata dan pengunjung mesti sama-sama menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada jalan lain,” ujar Hj. Tia Fitriani

Menurut dia, pengelola tempat wisata wajib menaati jumlah maksimal pengunjung. Sebagai upaya tambahan pengelola perlu melakukan patroli pelaksanaan protokol kesehatan.

“Peringatan terus-menerus perlu diberikan kepada pengunjung untuk pengunjung mesti senantiasa awas setiap saat untuk menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya

Bagi yang belum berada di tempat wisata, Hj, Tia Fitriani menuturkan tetap berdiam di rumah merupakan pilihan yang paling baik. Penerapan protokol kesehatan dengan ketat, kata dia, penting dilakukan siapa saja sebagai upaya utama dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan tersebut, antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas pungkasnya.(Adikarya Parlemen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.