Tia Fitriani : Penghijauan Butuh Partisipasi Masyarakat

KAB BANDUNG.SJN COM.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tia Fitriani, mengikuti kegiatan peninjauan korban banjir bandang di desa Cikembang Kecamatan Kertasari kabupaten Bandung lalu setelah itu dengan melakukan penanaman pohon di sekitar Desa Cikembang,beberapa waktu lalu.

Tia Fitriani yang menjabat sebagai Ketua Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia DPRD Provinsi Jawa Barat mengatakan, kegiatan menanam pohon menjadi momentum mengajak masyarakat, untuk kembali mencintai keberadaan alam. Sebab pohon dan manusia jadi satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan.

“Kegiatan untuk melakukan penanaman pohon, kegiatan ini sebagai rangkaian dari kunjungan kepada korban banjir bandang di desa cikembang akibat curah hujan yang tinggi dan tidak seimbangnya alam lingkungan, karena banyaknya lahan hutan gunung yang gundul”,ujar Tia

Lebih jauh Legislator yang tergabung di Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat menegaskan jika momentum kegiatan menanam pohon sebagai wujud kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian Alam. Sebab dengan banyaknya pohon yang tumbuh maka masyarakat pun akan selalu mendapatkan udara yang segar dan sehat, begitu juga dengan banyaknya pohon dengan akar yang kuat akan dapat menahan air dari curah hujan yang tinggi maka akan mengurangi bencana banjir, yang selalu terjadi pada saat memasuki musim penghujan.

“Kami mengajak masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di daerah pegunungan, untuk peduli terhadap lingkungan di sekitar, hal itu bisa di digerakkan melalui gerakan gotong royong, dengan menghijaukan lahan yang gundul, menanaminya dengan pohon keras dan gerakan menanam pohon,” ujar Tia.

Kegiatan penghijauan untuk menjaga agar kualitas lingkungan hidup tidak semakin terdegradasi membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. Tanpa partisipasi aktif masyarakat, tingkat kesuksesan kegiatan penghijauan akan rendah pungkasnya. (Adikarya Parlemen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.