Parlementaria

Pengolahan Sampah Bisa Menjadi Nilai Ekonomis

KAB BANDUNG.SJN COM.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani mengunjungi Kelompok Swadaya Masyarakat Warisa Alam di kampung Mekarsari RT.3 RW.18 desa Sukapura kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Pada kunjungan tersebut melihat Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) ternyata jika dikelola maksimal bisa menghasilkan nilai ekonomis tersendiri. Utamanya jika menerapkan sistem 3R atau Reduce, Reuse dan Recycle (mengurangi, menggunakan dan daur ulang).

Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, sampai pengelolaan sampah organik yang bisa dijadikan kompos ujarnya.
Politisi Perempuan Partai NasDem Hj.Tia Fitriani mencoba menganalisa dari dekat TPS3R tersebut. Didampingi kepala desa Sukapura Erwan Ginanjar, Tia menilai kegiatan positif tersebut perlu dicontoh oleh warga masyarakat lainnya juga berharap warga manfaatkan TPS3R dengan maksimal, beberapa waktu lalu.

“Saya sempat berdialog dengan tim pengelola dan pak Kades disini. TPS3R ini juga melibatkan warga juga ibu-ibu rumah tangga dan bisa menghasilkan nilai ekonomis atau pendapatan buat mereka,” ujar Tia.

“Dari sampah yang dipilah itu, bisa menghasilkan pupuk organik. Kami selaku kepala desa juga mengimbau agar seluruh masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan TPS3R yang ada,” kata Kades Erwan Ginanjar saat bersama-sama mendampingi anggota dewan tersebut.
TPS3R bisa menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah. Termasuk dampak yang ditimbulkan, Tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi. Namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah (Adikarya Parlemen)