TMMD 110 di Wilayah Kodam III/Siliwangi Menyisakan Kebahagian Masyarakat, Atas Perolehan Maksimal Satgas TMMD

Oleh : Kapendam III/Siliwangi
SUMEDANG.SJN COM.-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 di wilayah Kodam III/Siliwangi secara resmi telah ditutup, Rabu (31/3/2021).

Di Kodim 0610/Sumedang TMMD ke-110 ditutup oleh Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto bertempat di Kodim 0610/Sumedang dilaksanakan di Desa Kertamukti Kec. Tanjungmedar Kab. Sumedang Prov. Jabar.

TMMD ke-110 di Kodim 0607/Kota Sukabumi Jawa Barat, ditutup Kasgartap II/Bandung Kolonel Pas Lintong S Siregar di Desa Sunda Wenang Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi. Salah satu program fisik yang dikerjakan oleh Satgas TMMD Kabupaten 0607/Kota Sukabumi adalah pembangunan jembatan dengan panjang 12,7 meter dan lebar 4,5 meter. Pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dengan panjang 50 meter dan lebar 4 meter. Pengupasan jalan dengan panjang 50 meter dan lebar 4 meter. Selain itu, pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 20 unit.

Sementara itu, pembangunan non fisik meliputi penyuluhan kesehatan, pertanian, peternakan, wawasan kebangsaan bela negara, kamtibmas, keagamaan, bahaya covid-19 dan kegiatan penunjang Kamtibmas.

Kepada Penulis, Ketua RW. 15 Kebon Panjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi Yunus (46) mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0607/Kota Sukabumi yang telah mengadakan kegiatan TMMD dimana salah satu programnya adalah pembangunan jembatan yang selama ini hanya bisa dilalui Roda 2 dan kondisinya sudah mulai retak-retak karena sudah 13 tahun sejak pertamakali dibangun.

“Dengan datangnya TMMD ini, jembatan saat ini menjadi lebar sehingga bisa masuk kendaraan Roda empat, karena lebarnya mencapai 4,50 m lebih dan menghubungkan Desa Palasari dengan Desa Sunda Wenang” ujarnya.

Kedepannya Yunus bersama warga masyarakat Kebon Panjang berharap dengan akses jalan yang menjadi lebar ini hasil tanaman, pertanian dan matrial yang selama ini dibutuhkan bisa sampai di Kampung Kebon Panjang menggunaan kendaraan Roda 4. Demikian juga dengan pembangunan Rutilahu sebanyak 20 unit sudah rampung semuanya.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, secara Resmi menutup Program TMMD ke-110 di Desa Sedari Kec. Cibuaya Kab. Karawang Prov. Jabar. Salah satu program kegiatan fisik yang menjadi program unggulan di Dusun Tanjungsari Desa Sedari ini adalah Pembangunan Gedung Posyandu yang merupakan pembangunan spektakuler.

Bisri Mustofa Kades Sedari Kecamatan Cibuaya menuturkan bahwa pihaknya beserta segenap warga Desa Sedari menyambut baik pelaksanaan TMMD di Kabupaten Karawang, karena merupakan salah satu program yang bisa membantu mendorong percepatan pembangunan di Desa Sedari yang termasuk Desa IDT.

Pelayanan Posyandu ini dilaksanakan dengan jalan door to door ke rumah-rumah mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan warga Dusun Tanjungsari datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, disamping akses jalan yang masih sulit dijangkau, juga fasilitas terutama ruangannya belum tersedia.

“Dengan dibangun Gedung Posyandu ini, kami merasa berbangga karena Gedung ini bisa dimanfaatkan juga untuk pusat-pusat kegiatan Masyarakat, khususnya Posyandu”.

Bisri berharap kedepannya ada perhatian dari pemerintah agar akses jalan menuju Lokasi Posyandu ini diperlebar dan diperbaiki. Apalagi wilayah Desa Sedari ini sering dikunjungi Bupati/Wakil Bupati, Danrem dan pejabat lainnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Kepala Desa, Renny (28) Bidan Desa Dusun Tanjungsari berharap, setelah adanya gedung Pos Yandu dan fasilatas yang ada warga dusun Tanjungsari lebih giat lagi terutama bagi ibu-ibu dalam kegiatan seperti ibu hamil, ibu menyusui atau ikut kegiatan yang ada di posyandu.

“Semula kami di sini ketika ada kegiatan atau sosialisasi tentang Kesehatan, kami melakukannya di DPR (dibawah pohon rindang). Sekarang alhamdulillah sudah ada gedungnya,” ungkap Renny, sambil tersenyum.

Di Kodim 0603/Lebak Banten, TMMD ditutup oleh Danrem 064/MY dilaksakanan di kampung Pasir Ipis Desa Gunung Anten dan Kampung Cilukut Desa Jayasari Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, sasaran fisik utama berupa pembukaan Jalan Baru yang menghubungkan Desa Gunung Anten dan Desa Jayasari Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak dengan Panjang 6 km dan lebar 8 meter, Pembuatan 1 unit Box Culvest, Pembuatan Turap Panjang 60 meter.

Sementara sasaran tambahan fisik berupa membedah Rutilahu rumah Bapak Anto di Kampung Pasir Etis Desa Gunung Anten, Renov Majlis Talim di Kampung Leuwi Bulet, dan Pos Kamling.

Khusus untuk Pembukaan Jalan baru, progressnya sudah mencapai 100 persen karena pelaksanaanya sudah dimulai saat Pra TMMD yang dilaksanakan tanggal 5 sampai dengan 28 Februari sehingga pada saat TMMD dibuka tanggal 2 Maret 2021 yang lalu tinggal melanjutkan.

Keberadaan jalan yang menghubungkan Desa Gunung Anten dan Desa Jayasari Kecamatan Cimarga ini sangat penting sebagai sarana lalu lintas yang bisa digunakan oleh kendaraan, baik Roda 2 maupun Roda 4, memperpendek jarak tempuh menuju Kota Kabupaten dalam memasarkan hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan perekomian masyarakat.

Dalam pelaksanannya, TMMD di Kabupaten Lebak melibatkankan kurang lebih 150 orang dari Kodim 0603/lebak, Yonif 320/BP, Lanal Banten, Polres Lebak, PUPR, Zibang, Tim Penyuluh, Denkesyah, Dinkes, serta Warga Masyarakat. Tim yang tergabung dalam Satgas TMMD Kabupaten Lebak ini bahu membahu bergotong royong dengan penuh kekeluargaan dalam rangka mewujudkan suksesnya pelaksanaan TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0603/Lebak Korem 064/Sk Kodam III/Siliwangi. Silih Asah Silih Asih Silih Asuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.