Kapolda Jabar Resmikan Jembatan Gantung Dan Tugu Sinergitas TNI POLRI

SUMEDANG.SJN COM.-Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri M.Si dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan dengan Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan, Rabu (31/3/2021).

Satu bulan sebelumnya tepat pada hari Selasa (23/02/2021) Polres Sumedang berencana akan membangun Jembatan gantung sepanjang 90 meter yang menghubungkan Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan dengan Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan, Jembatan yang menghubungkan kedua Desa tersebut sebelumnya rusak akibat terkena banjir dan tidak terpakai lagi untuk akses jalan masyarakat.

Menurut Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Tim Vertical Rescue mengenai pembangunan jembatan tersebut. “Kami telah berkordinasi dengan Ketua Vertical Rescue Indonesia saudara Tedi Ixdiana mengenai pembangunan jembatan Gantung di Dusun Legok Picung tersebut”.

Tepat pada hari ini pembangunan jembatan Gantung sepanjang 90 meter yang melintasi sungai Ciseda di Dusun Legok Picung telah selesai dan diresmikan oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri M.Si dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Peresmian dihadiri Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si, Kapolres Sumedang, unsur Forkopimda Kab. Sumedang beserta jajaran pemerintah dari masing – masing daerah.

Pada kesempatan tersebut Pangdam III Siliwangi memotong tali dan Kapolda Jabar menekan tombol sebagai tanda simbolis peresmian jembatan gantung dan tugu sinergitas TNI Polri.

Pangdam III Siliwangi menuturkan, “Pembangunan jembatan gantung itu merupakan program Pemerintah Pusat untuk membangun 1000 jembatan di seluruh Indonesia yang melibatkan TNI – Polri dalam pembangunannya”.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menambahkan, “Diharapkan jembatan tersebut bisa membantu bagi peningkatan perekonomian warga di dua Desa yakni Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan dengan Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan”, ucapnya.

Kapolda Jabar menyampaikan semoga keberadaan jembatan dapat membawa manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di dua Desa tersebut.
“Kita semua berharap jembatan ini membawa kemaslahatan bagi dua Desa, yakni Desa Ciherang dan Desa Cimarias, juga dua Kecamatan, yakni Sumedang Selatan dan Pamulihan”, tuturnya.

Adanya jembatan gantung itu sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai sarana transportasi. Terutama dalam menunjang mobilisasi perekonomian di antara dua Desa atau Kecamatan tersebut baik di bidang perdagangan maupun pertanian. Selain dapat mendongkrak perekonomian kedua wilayah, juga menjadi sarana penghubung silaturahmi yang lebih erat antara dua warga di Desa tersebut.

Di sisi lain, Salah satu tokoh masyarakat Sumedang H. Umuh Muchtar, menyampaikan, dibangunnya jembatan tersebut diharapkan mampu memacu semangat masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.

Diakhir acara tersebut Kapolda Jabar, Pangdam III/ Siliwangi, Dansat Brimob Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar, Kapolres Sumedang beserta Forkopimda memberikan sembako kepada perwakilan warga Desa tersebut sebagai bukti bahwa Negara akan selalu hadir ditengah – tengah masyarakat sebagai pelindung dan pengayom guna menciptakan situasi yang aman dan nyaman.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.