Parlementaria

Komisi III : Bank BJB di Luar Jabar Terus Tunjukan Capaian Positif Dan Dapat Dicontoh Oleh Cabang Lain

BREBES.SJN COM.-Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Jabar Banten (BJB) Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah meskipun di tengah pandemi covid-19 menunjukan perkembangan positif dari tahun sebelumnya. Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat pun mengapresiasi, capaian tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Cucu Sugyati memaparkan pada tahun 2020, BJB KCP Brebes berhasil menunjukan peningkatan yang signifikan

“hingga berhasil memberikan kontribusi keuntungan sebesar Rp. 5,37 miliar dibandingkan tahun 2019,” paparnya usai memimpin kunjungan kerja komisi di KCP BJB Brebes Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021).

Laba yang diperoleh pada Desember 2020, kata Cucu mengalami kenaikan dan dari sektor lain sebesar Rp. 17 Miliar dibandingkan tahun 2019 pada bulan yang sama yang hanya memberikan keuntungan sebesar Rp. 11 Miliar.

“Tentunya pada tahun berikutnya diharapkan ada kenaikan yang lebih signifikan” kata Cucu.

Cucu menikai, kelembagaan KCP Bank BJB Brebes telah berkembang cukup bagus, hal tersebut sesuai dengan tujuan BUMD yaitu untuk memberikan pelayanan prima kepada para masyarakat.

“Tujuan dari BUMD itu sendirikan adalah untuk dapat melayani masyarakat, dan alhamdulillah di BJB Brebes ini mampu bersaing dengan bank-bank yang ada di Kabupaten Brebes, karna tidak semua bank yang ada diluar Jabar itu juga baik” nilainya.

Dorong Perkembangan UMKM

Cucu berharap, KCP BJB Brebes mampu mengembangkan sektor UMKM sehingga dapat menggerakan perekonomian. Hal ini pun sejalan dengan, salah satu tujuan BUMD yaitu untuk memberikan manfaat yang besar bagi ekonomi masyarakat.

“Artinya bukan hanya sebagai bank yang memberikan deviden dan keuntungannya saja, tapi juga harus ada manfaat untuk masyarakat” harapnya.

Pihaknya pun akan berusaha mendorong BJB di Jabar atau daerah lain untuk membantu sektor UMKM agar masyarakat bawah dapat terbantu dengan program tersebut.

“perkonomian masyarakat khususnya tingkat bawah, bisa terbantu dengan adanya Bank BJB baik yang ada di Jabar maupun di daerah lain yang memang tentunya bisa melayani masyarakat”imbuhnya.(hms/die)