Bakpao

BANDUNG.SJN COM.-食物汇集了差异 Shíwù huìjíle chāyì makanan menyatukan perbedaan .Siapa yang tidak mengenal Bakpao. Banyak orang suka dengan Bakpao.

Di semua kota dan di semua Negara selalu ada Bakpao.Bakpao makanan tradisional warga Tionghoa berasal dari Tiongkok.Bakpao diserap dari Bahasa Hokkian, bak artinya daging, Pao artinya bungkusan. Jadi Bakpao berarti bungkusan daging. Bakpao dalam bahasa Hakka yaitu Nyukpao /yugpao yang memiliki arti yang sama yaitu daging berbungkus.

Zhuge Liang (181-234) adalah orang pertama yang membuat Bakpao. Zhuge Liang seorang ahli militer Tiongkok. Zhuge Liang setelah melakukan peperangan dan meraih kemenangan berencana akan kembali ke Ibu kota, Zhuge Liang dan pasukannya harus melewati sungai besar yang berombak dan badai, terkenal angker banyak makan korban.

Ada yang memberi saran pendapat kepada Zhuge Liang berdasarkan kepercayaan nenek moyangnya harus membunuh beberapa prajuritnya sebagai tumbal, Zhuge Liang menolak mengorbankan prajuritnya, kemudian Zhuge Liang mendapatkan ide, membuat sebuah bulatan dari terigu kemudian di dalamnya berisi daging hewan, bulatan tersebut seperti menyerupai kepala manusia. Zhuge Liang banyak membuat bulatan berisi daging hewan kemudian dilemparkan ke Sungai tersebut membuat Zhuge Liang dan pasukannya berhasil melewati sungai yang ombaknya besar. Sejak saat itu masyarakat Tionghoa selalu membuat Bakpao (Jeremy Huang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.