Ekonomi

BERBAGI PENGETAHUAN DAN GAGASAN, HUTAMA KARYA SEGERA HADIRKAN FORUM HK EXPERT TALK 2021

JAKARTA.SJN COM.-PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus wujudkan misinya untuk membangun negeri. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam jasa konstruksi, pengembang dan penyedia jasa jalan tol, saat ini Hutama Karya juga tengah berfokus untuk menyelesaikan amanah besar mengembangkan infrastruktur di Pulau Sumatra melalui pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.800 km, yang akan membentang dari Lampung hingga Banda Aceh.

Pembangunan JTTS diyakini dapat meningkatkan perekonomian melalui value capturing potensial bisnis di Pulau Sumatra yang akan berdampak positif pada keseluruhan percepatan kemajuan ekonomi bangsa. Selain membangun jalan tol, Hutama Karya juga fokus pada pengembangan kawasan dan pendukung infrastruktur pendukung jalan tol seperti energi, air, pengolahan limbah, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan tugas besar ini, Hutama Karya membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, dan yang terpenting diperlukan pengembangan riset dan teknologi terkini yang dapat mendukung jalannya pembangunan, tidak hanya JTTS, namun juga diharapkan dapat diaplikasikan pada inovasi infrastruktur lainnya.

Untuk mengakselerasi pentingnya pembangunan infrastruktur dan energi seiring dengan manfaat ekonomi yang lebih besar, diperlukan sinergi multi dimensi lintas sektoral yang melibatkan peranan banyak stakeholder. Oleh karena itu, Hutama Karya melalui HK Academy dan HK Center for Knowledge, Research and Innovation (HK Connection) akan segera menggelar HK Expert Talk 2021, yakni sebuah forum berskala global yang akan mewadahi perusahaan, institusi, praktisi, pemerhati, mahasiswa serta masyarakat umum di seluruh Indonesia, untuk melakukan sharing knowledge. Forum ini diharapkan dapat memotivasi pemuda-pemudi Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri, untuk berkontribusi dalam perkembangan ilmu terbaru mengenai perkembangan infrastruktur dan energi, sehingga dapat menjadi generasi penerus untuk bersama mewujudkan visi Indonesia maju.

Mengangkat tema besar “Energizing Future Infrastructure”, HK Expert Talk 2021 diharapkan dapat menjadi jembatan dan akses pada inovasi teknologi energi dan infrastruktur yang sedang berkembang di dunia, serta dapat menginspirasi masyarakat umum, khususnya praktisi dan mahasiswa, untuk dapat berdialog langsung dengan para pakar di bidangnya.

Direktur Operasi I Hutama Karya, Novias Nurendra menyampaikan selain ingin mengedukasi tentang pentingnya perspektif dan pendekatan baru dalam pembangunan infrastruktur dan penyediaan energi terbarukan dan berkelanjutan di Indonesia, Hutama Karya juga berharap dapat menyosialisasikan pengembangan JTTS agar dapat menjadi mega laboratorium pembelajaran bersama. “Melalui forum ini, kami juga ingin berdiskusi tentang pengembangan dan penyelesaian pembangunan JTTS secara komprehensif, guna menghadirkan manfaat konektivitas dan potensi ekonomi. Harapannya, bersama Hutama Karya kita dapat membangun dan terus memajukan bangsa,” ujar Novias.

HK Expert Talk 2021 akan diselenggarakan dalam seri webinar edukatif dan inspiratif. Webinar pertama akan dilaksanakan dalam waktu dekat yakni pada Kamis, (25/3) mendatang. Rangkaian penyelenggaraannya terdiri dari seri energi dan infrastruktur, dan akan berlangsung beberapa seri lainnya hingga akhir tahun 2021. Forum ini akan menghadirkan pembicara dari kalangan pakar dan praktisi di bidang energi dan infrastruktur dari dalam maupun luar negeri. Seluruh rangkaian webinar HK Expert Talk 2021 diselenggarakan secara daring, gratis dan terbuka untuk umum, dengan pendaftaran terlebih dahulu.

Hasil diskusi inspiratif ini diharapkan mampu menghasilkan terobosan inisiatif solusi yang ‘lebih baik, lebih cepat dan lebih ekonomis’, sehingga mampu berkontribusi terhadap keilmuan serta kebermanfaatan bagi Indonesia. “HK Expert Talk merupakan forum yang diinisiasi oleh Hutama Karya tepat pada perayaan ulang tahunnya yang ke-60, sebagai bagian dari kontribusi Hutama Karya untuk Indonesia. Kami berharap, HK Expert Talk tidak hanya bisa menjadi forum berbagi inovasi dan pengetahuan, namun juga menjadi pintu masuk bagi putra-putri bangsa untuk menciptakan iklim inovasi dan kolaborasi yang akan menjadi sumbangsih gagasan dalam bidang infrastruktur dan energi untuk mewujudkan kemandirian dan kemajuan Indonesia di masa mendatang,” tutup Novias Nurendra, Direktur Operasi I Hutama Karya.

Nantikan penyelenggaraan HK Expert Talk 2021 segera. Pendaftaran webinar dapat dilakukan melalui tautan http://tiny.cc/HK_ExperTalk_1. Informasi pendaftaran HK Expert Talk dan lain sebagainya dapat diakses di situs www.hutamakarya.com, atau melalui media sosial @hutamakarya dan @officialhkacademy.