Pasar Beringharjo Yogyakarta

YOGYAKARTA.SJN COM.-Pasar Beringharjo adalah pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta. Beringharjo memiliki makna harafiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta.

Alamat: Pasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Isi Pasar Beringharjo
Koleksi Batik

Pasar Beringharjo memiliki berbagai jenis batik mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra.Koleksi batik kain dijumpai di los pasar bagian barat sebelah utara. Sementara koleksi pakaian batik dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Selain pakaian batik, los pasar bagian barat juga menawarkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik.[ Selain itu juga dijumpai sandal dan tas di sekitar eskalator pasar bagian barat.
Aneka Rempah-Rempah

Di lantai dua pasar bagian timur, merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah.Bahan jamu yang dijual misalnya kunyit yang biasa dipakai untuk membuat kunyit asam dan temulawak yang dipakai untuk membuat jamu sangat pahit.Rempah-rempah yang ditawarkan adalah jahe (biasa diolah menjadi minuman ronde ataupun hanya dibakar, direbus dan dicampur gula batu) dan kayu (dipakai untuk memperkaya citarasa minuman seperti wedang jahe, kopi, teh dan kadang digunakan sebagai pengganti bubuk coklat pada cappucino).
Aneka Barang Antik

Pasar Beringharjo juga menjadi tempat yang tepat untuk berburu barang antik.Pusat penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu, wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya.Di lantai itu pula, wisatawan dapat memburu beberapa barang bekas berkualitas.Berbagai macam barang bekas impor seperti sepatu, tas, dan pakaian dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya dengan kualitas yang masih baik.
Aneka Jajan Pasar

Pasar Beringharjo menjual berbagai macam jajanan pasar khas Yogyakarta yang dikemas dengan cara tradisional.Untuk mendapatkan harga yang sesuai, wisatawan bisa menawar harga jajanan pasar ini.
Kue Kipo

Kipo adalah makanan khas Kotagede.Kue kipo terbuat dari tepung ketan dan dipanggang kecil-kecil. Bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan dan unti kelapa.Kipo menjadi makanan khas karena proses pembuatannya tergolong unik. Kue tidak dikukus tetapi dibakar di wajan tanah liat.
Pecel Urap

Di pelataran depan Pasar Beringharjo, wisatawan dapat mencicipi pecel urap yang disajikan dalam mangkuk dari daun pisang yang disebut pincuk.Pecel ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, tauge, sawi dan bumbu kacang. Sedangkan pelengkapnya yakni tahu dan tempe bacem atau tempe gembus.
Mendut Dan Mega Mendhung

Makanan ini berbahan ketan yang berbentuk bulat, berwarna merah dan hijau yang disiram dengan kuah santan.Makanan lain yakni mega mendhung, yaitu makanan kecil yang terbuat dari hungkwe berwarna biru dan putih.
Legomoro

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan diisi daging yang dicacah lgomoro hampir mirip dengan lemper yang dibungkus daun pisang dan dikukus.(tasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.