Saat Reses, Hj. Neng Madinah Ruhiat Beri Pelatihan Pengelolaan Sampah

TASIK.SJN COM.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Persatuan Hj.Neng Madinah Ruhiat menggelar Reses Ke-II Masa Sidang tahun 2020-2021 yang berlangsung di Gedung MUI Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Kamis (4/3/2021).Pada reses kali ini melaksanakan pelatihan tentang pengelolaan sampah dan bank sampah.

Lebih jauh Politisi Perempuan Partai Persatuan Pembangunan Asal Dapil Jabar XV (Kota Tasikmalaya-Kabupaten Tasikmalaya) menuturkan dalam kegiatan pelatihan ini mengambil tema “Pengolahan Sampah Bagian dari Kita Harus Bisa Mempunyai Pengelolan Bank Sampah”. Menurutnya, sampah bisa dijadikan sebuah alur atau manajemen pengelolaan sampah khususnya sampah anorganik yang bersumber dari rumah dan harus dikelola secara kolektif dan sistematis sehingga manfaatnya bisa dirasakan kembali oleh sumbernya.

Dikatakan Hj.Neng Madinah Ruhiat yang tergabung di Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat menegaskan bank sampah didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna bagi masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis. Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab Tasikmalaya. Rencananya akan membeli mesin untuk membakar sampah yang bisa menghasilkan energi untuk di keluarga-keluarga bahkan pabrik yang bebas polusi.

“Sebagai langkah awal, bank sampah akan dikelola oleh komunitas, kelompok forum warga madani dan komunitas anak bangsa yang ada di kabupaten Tasikmalaya, sehingga kita bisa memberikan manfaat yang luar biasa,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tasikmalaya, Sekdis DLH, Kabid Persampahan, Forum Warga Madani, dan komunitas anak bangsa serta 24 perwakilan komunitas yang ada di Kab Tasikmalaya.(die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.