Komisi II DPRD Jabar Kunjungi UPTD BPPHK Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

BOGOR.SJN COM.-Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengadakan kunjungan kerja ke UPTD BPPHK Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin (8/2/2021).

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Yuningsih berharap, ada peningkatan anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemeriksaan Hewan Ternak, agar memiliki fasilitas lebih layak.

Salah satunya di Sub Unit Pelayanan Pemeriksaan Hewan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Dia melihat dari kondisi yang ada, dinilai tidak maksimal baik dalam pengecekan maupun pemeriksaan lalu lintas hewan ternak. Baik yang menuju ataupun keluar Jabar.

Menurutnya, Pos Pemeriksaan Hewan Gunung Sindur harus memiliki komponen pengelolaan yang komprehensif, agar dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang, sehingga perlu adanya perhatian khusus supaya kesehatan hewan terjaga.

“Sehingga bisa dikatakan Sub Unit pengecekan hewan di UPTD Gunung Sindur ini relatif sepi, dengan kata lain tidak produktif. Untuk meningkatkannya, perlu fasilitas alat yang memadai agar pelaku usaha peternakan baik dari luar daerah Jawa Barat dan sebaliknya dapat mengecek disini,” ujar Yuningsih di UPTD BPPHK Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin (8/2/2021).

Dia menambahkan, permasalahan lain yang dihadapi UPTD Gunung Sindur adalah SDM. Sebab hanya diisi oleh empat staf dengan komposisi dua ASN dan dua honorer. Sehingga menurutnya jauh dari kelayakan, sebuah UPTD pemeriksaan hewan. Hal itu diperparah dengan minimnya peralatan untuk pemeriksaan hewan.

“Kemungkinan sepinya pemeriksaan hewan lantaran memang tidak didukung alat yang memadai dan pegawai yang minim,” katanya.

Pihaknya mendorong untuk segera dilakukan perbaikan menyeluruh, guna memudahkan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan hewan ternak.
“Komisi II akan terus intens terhadap mitra dalam rangka mempersiapkan kebiasaan baru, termasuk dalam lalu lintas pemeriksaan hewan,” tandasnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.